Tubuh Gemuk Lebih Gampang Terkena Migrain Lho!

Studi baru mengungkapkan bahwa orang yang memiliki kelebihan berat badan 2 kali lebih mungkin menderita migrain.

Tubuh Gemuk Lebih Gampang Terkena Migrain Lho!

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti Johns Hopkins University School of Medicine, Baltimore, AS, telah menemukan adanya hubungan antara obesitas dan penyakit migrain. Para peneliti juga mengklaim bahwa orang yang kelebihan berat badan 81% lebih mudah terkena migrain episodik daripada mereka yang memiliki berat badan normal.

Migrain episodik yang memengaruhi sebagian penderita sakit kepala selama kurang dari 15 hari dalam sebulan. Sementara, sakit kepala parah yang lebih dari 15 hari per bulan dikatakan mengalami migrain kronis.

Dalam penelitian ini juga mengungkapkan bahwa melakukan program penurunan kelebihan berat badan dan olahraga bisa membantu mengurangi penyakit migrain sedini mungkin, karena para peneliti juga menemukan bahwa hubungan obesitas dan migrain lebih kuat pada orang yang berusia di bawah 50 tahun.

“Pada studi sebelumnya telah menunjukan hubungan antara obesitas dan migrain kronis, namun dalam penelitian baru ini, mereka yang mengalami migrain lebih jarang, ” kata Dr. Barbara Lee Peterlin, MD, yang melakukan penelitian ini dari Johns Hopkins University School of Medicine, Baltimore, AS.

Untuk melakukan penelitian ini, para peneliti menganalisa data dari 3.862 orang dengan usia rata-rata 47 tahun, data tersebut meliputi, tinggi badan, berat badan, dan migrain mereka. Hasilnya, 1.044 mereka yang obesitas dan 188 orang diantaranya pernah mengalami migrain episodik selama kurang dari 15 hari per bulan.

“Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dokter harus selalu mempromosikan pilihan gaya hidup sehat dengan berdiet dan berolahraga pada mereka yang menderita migrain episodik,” ujar Dr. Peterlin.

“Namun penelitian lebih lanjut sangat diperlukan untuk mengevaluasi, apakah program penurunan kelebihan berat badan dapat membantu orang gemuk mengurangi risiko migrain episodik,” sambung Dr. Peterlin, seperti yang dilansir dari Daily Mail beberapa waktu lalu.

Well, mari hidup sehat dengan berolahraga dan diet sehat! (boy)

BACA JUGA : Terserang Migrain? Cobalah Seks!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes