kalori tetap dibutuhkan

Tubuh Tetap Membutuhkan Kalori, Asalkan?

Memang benar, jika Anda menginginkan berat badan yang ideal, maka Anda harus menghindari makanan berminyak, makanan yang kaya akan karbohidrat, dan makanan-makanan pantangan lainnya. Namun, para ahli tetap merekomendasikan untuk tetap mengasupi tubuh Anda dengan kalori.

Headline News kalori

Sebagian besar dari kita menghindari menu makanan dengan banyak kalori. Namun, sebenarnya kalori ini baik untuk tubuh selama Anda mengonsumsinya dengan benar.

“Setiap individu memiliki kebutuhan kalori sendiri yang didasarkan pada laju metabolisme tubuhnya. Jika seseorang makan lebih banyak kalori daripada yang ia butuhkan, maka jelas berat badannya akan bertambah. Sebaliknya, jika dia mengasupi tubuhnya dengan sedikit kalori daripada apa yang ia butuhkan, maka ia akan dapat menurunkan berat badannya,” kata Agrawal Annapura, ahli gizi di Snap kebugaran India.

“Jika tubuh seseorang memerlukan 2.000 kalori setiap harinya, namun Anda melampaui batas dengan mengonsumsi 2.500 kalori, maka kelebihan 500 kalori tersebut akan diubah oleh tubuh dalam bentuk lemak,” kata Agrawal.

Junk food adalah musuh besar bagi orang-orang yang peduli dengan berat badannya. Karena, jika Anda mengonsumsi banyak junkfood, maka Anda akan sangat miskin vitamin, mineral, dan protein.

“Anda perlu untuk menghindari semua makanan yang memasaknya dengan cara digoreng ataupun menggunakan santan,” kata Meghana Surve, ahli gizi di Talwalkar di National Nutrisi Centre.

Para ahli juga memperingatkan terkait dengan bahaya mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan.
“Karbohidrat sebenarnya dapat mengkonversi lemak beberapa saat setelah Anda mengonsumsinya. Sehingga, tubuh akan menyimpan lemak dan hal inilah yang akhirnya dapat menambah berat badan Anda,” katanya.

Biji-bijian dan gula juga mengandung sejumlah besar karbohidrat. Sehingga, Anda harus tetap waspada saat mengonsumsinya. Hindari memilih minuman berkarbonasi, ada baiknya Anda lebih memilih air putih, air jeruk nipis, atau buah segar lainnya. Jangan sekali-kali mencoba untuk meminum minuman alkohol saat Anda sedang melakukan diet. Hal tersebut dapat membuat Anda gagal dalam menurunkan berat badan.

Terakhir, agar Anda dapat berhasil menurunkan berat badan, maka batasi untuk meminum obat-obatan terlalu banyak. “Obat anti depresi, obat alergi, dan obat untuk tekanan darah adalah beberapa obat yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan,” kata Meghana Surve. (gie)

BACA JUGA: Kebiasaan Inilah Yang Dapat Merusak Ginjal

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes