tulang rapuh

Tulang Bisa Rapuh Jika Kurang Aktivitas Fisik

Olahraga terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Peneliti terbaru menyebut, jika kurang aktivitas fisik (gerak) dapat membuat tulang manusia lebih rapuh ketimbang primata non-manusia. Benarkah?

tulang rapuh

Seperti dilansir ZeeNews.com, Profesor Antropologi, Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Informasi dari Pennsylvania State University, Timothy M. Ryan mengatakan, kurang aktfitas fisik menyebabkan tulang lebih rapuh daripada primata non-manusia.

“Penjelasan yang paling masuk akal adalah bahwa kurangnya aktivitas fisik menyebabkan tempurung tulang paha menjadi lebih tipis dan lebih ringan daripada yang ditemukan pada primata seperti simpanse, gorila, dan orangutan,” kata Timothy.

Timothy menambahkan, manusia dan primata memiliki struktur tulang yang berbeda. Yang mana, struktur tulang manusia lebih ringan dan kecil dibandingkan gorila atau orangutan.

Penelitian ini masuk dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences. Studi pada 59 orang dewasa dan 229 primata non-manusia juga menemukan bahwa massa tulang petani jauh lebih baik daripada massa tulang pemburu.

Peneliti mengatakan, temuan ini sangat bermanfaat untuk pemahaman bentuk tulang dengan rapuhnya tulang yang disebabkan oleh bertambahnya usia pada manusia modern. Untuk itu, perlu dilakukannya aktivitas fisik atau olahraga agar tulang lebih kuat. (ctr)

BACA JUGA: Benarkah Mentimun Bisa Turunkan Tekanan Darah?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes