Turunkan Risiko Stroke dengan Mengonsumsi Tomat

Mengonsumsi tomat dan makanan berbahan tomat ternyata mampu menurunkan risiko stroke berkat adanya kandungan lycopene dan antioksidan.

 Penelitian ini menemukan bahwa orang dengan jumlah tertinggi lycopene dalam darah mereka memiliki risiko lebih kecil sebesar 55 persen kemungkinannya untuk mengalami stroke daripada orang dengan jumlah terendah dari lycopene dalam darah mereka.

 Penelitian ini melibatkan 1.031 pria Finlandia berusia antara 46 dan 65 tahun, yang diuji untuk tingkat lycopene dalam darah mereka pada awal penelitian dan diikuti selama rata-rata 12 tahun.

 Selama waktu itu, sebanyak 67 orang tercatat mengalami stroke, (mereka tiba-tiba kehilangan fungsi otak yang disebabkan oleh penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah organ), seperti dikutip dari jurnal Neurology.

 Di antara pria dengan tingkat terendah lycopene total 258 orang, sebanyak 25 diantaranya mengalami stroke. Di antara mereka dengan tingkat tertinggi lycopene total 259 orang, sebanyak 11 diantaranya mengalami stroke, menurut sebuah pernyataan dari University of Eastern Finland (UEF).

 Ketika peneliti melihat stroke yang diakibatkan hanya pembekuan darah, hasilnya ternyata lebih kuat. Mereka yang memiliki tingkat tertinggi lycopene berisiko 59 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami stroke dibandingkan mereka dengan tingkat terendah.

 “Studi ini menambahkan bukti bahwa diet dengan banyak makan buah-buahan dan sayuran dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena stroke,” kata penulis peneliti Jouni Karppi, dari UEF, Kuopio.

 “Hasil penelitian ini mendukung rekomendasi bahwa orang perlu memakan lebih dari lima porsi buah dan sayuran dalam sehari, yang kemungkinan akan mengakibatkan pengurangan besar dalam jumlah pasien stroke di seluruh dunia, menurut penelitian sebelumnya,” tambah Karppi.

 Penelitian ini juga mendata tingkat darah pada antioksidan alpha-carotene, beta-karoten, alfa-tokoferol dan retinol, tetapi tidak menemukan adanya hubungan antara kadar darah dan risiko stroke. (jay)

BACA JUGA : Jangan Tertipu dengan Label Makanan!

 

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes