Ukuran Pinggang, Bisa Menentukan Usia Hidup Seseorang!

Memiliki ukuran pinggang yang besar diketahui lebih berisiko mengalami kematian dini daripada mereka yang memiliki ukuran pinggang yang kecil.

Ukuran Pinggang, Bisa Menentukan Hidup Seseorang!

Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa pria dan wanita yang memiliki ukuran pinggang yang besar cenderung lebih mungkin meninggal di usia muda meskipun memiliki nilai BMI yang normal.

Selain itu mereka juga lebih mungkin untuk meninggal akibat penyakit seperti penyakit jantung, masalah pernapasan, dan kanker.

Studi ini dilakukan oleh para peneliti dari Mayo Clinic, Minnesota, AS, yang mengumpulkan data dari 11 studi berbeda, termasuk lebih dari 600.000 orang di seluruh dunia.

Para peneliti menemukan, pria dengan ukuran pinggang 43 inci atau lebih besar, memiliki tingkat kematian sebesar 50% lebih tinggi dibandingkan pria dengan ukuran pinggang kurang dari 35 inci, ini berarti 3 tahun lebih rendah dari harapan hidup setelah usia 40 tahun.

Sementara bagi kaum wanita dengan ukuran pinggang sebesar 37 inci atau lebih, memiliki risiko kematian sebesar 80% dibandingkan dengan wanita dengan ukuran pinggang 27 inci atau kurang, setelah usia 40 tahun akan memotong sekitar 5 tahun dari harapan hidup.

Risiko kematian meningkat secara linear, sehingga untuk setiap 2 inci lingkar pinggang lebih besar, risiko kematian pun naik sekitar 7% pada pria dan sekitar 9% pada wanita.

Temuan penting lainnya adalah bahwa hasil studi ini juga diamati pada semua tingkat BMI, bahkan diantara orang – orang yang memiliki tingkat BMI normal.

“BMI bukan merupakan ukuran yang sempurna, ini tidak akan membedakan massa ramping dan massa lemak, dan juga tidak menunjukan apa-apa tentang dimana berat badan Anda,” ujar Dr. James Cerhan, penulis utama studi ini dan ahli epidemiologi di Mayo Clinic.

“Kami sangat khawatir tentang itu, karena kelebihan lemak di perut memiliki riwayat metabolik yang berhubungan dengan penyakit seperti diabetes, dan penyakit jantung,” sambung Dr. Cerhan.

Studi yang telah diterbitkan dalam Mayo Clinic Proceedings ini juga menyimpulkan bahwa semua dokter harus mempertimbangkan nilai BMI dan ukuran lingkar pinggang sebagai bagian dari penilaian risiko untuk kematian dini yang berhubungan dengan obesitas.

“Tujuan utama adalah mencegah nilai BMI yang tinggi dan lingkar pinggang besar. Bagi pasien yang memiliki pinggang besar, harus berusaha untuk memangkasnya dengan olahraga dan diet sehat, karena bisa memiliki manfaat kesehatan yang penting,” tutup Dr. Cerhan. (boy)

BACA JUGA : Bakar Lemak Hingga Ke Akarnya dengan Pembakar Lemak Revolusioner

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes