obesitas pada anak

Usia Yang Tepat Untuk Intervensi Obesitas Pada Anak

Obesitas mengalami peningkatan cukup tajam dalam beberapa tahun terakhir. Karena itu, penting untuk ditangani agar tidak terjadi penyakit akibat obesitas. Untuk obesitas pada anak, penanganan sebaiknya terjadi ketika anak setelah usia dua tahun.

obesitas pada anak

Obesitas atau berat badan yang berlebih dapat memicu beragam penyakit kronis. Seperti jantung, tekanan darah tinggi (hipertensi), stroke, dan diabetes tipe 2. Oleh karena itu, penting untuk menangani obesitas baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

“Intervensi masalah obesitas sebaiknya dilakukan setelah usia dua tahun. Karena kalau makanan atau susunya sudah dikurangi sebelum usia tersebut, bisa-bisa perkembangan otaknya malah jadi terganggu,” kata Dr. Sudung O. Pardede, Sp. A.(K)., dokter spesialis anak di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), dikutip dari AntaraNews.com, Sabtu (24/01).

“Penanganan obesitas pada anak lebih mudah ketimbang menangani masalah perkembangan otak yang terganggu. Orang yang bobotnya di atas 100 kilogram saja bisa kembali punya berat badan normal kok,” kata Dudung.

Peran orang tua sangat penting untuk menangani obesitas pada anak. Cara yang paling tepat untuk menangani obesitas pada anak adalah dengan memantau asupan, serta memberikan pemahaman kepada anak untuk memilih makanan dengan gizi yang seimbang. (ctr)

BACA JUGA: Cara Mencegah Obesitas Pada Anak

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes