Obat kanker payudara

Vaksin Baru Untuk Kanker Payudara Lolos Uji Klinis

Vaksin baru untuk kanker payudara yang tengah dikembangkan ternyata berhasil lolos dari uji klinis. Vaksin tersebut terbukti aman bagi penderita kanker payudara tingkat metastatik.

Obat kanker payudara

Vaksin ini dikembangkan di Washington University School of Medicine. Hasil uji klinis tersebut juga telah dipublikasikan dalam Clinical Cancer Research. Vaksin ini terbukti mampu membantu memperlambat perkembangan kanker payudara.

Pengembangan vaksin ini dilakukan untuk menargetkan mammaglobin-A, yaitu protein yang ditemukan hampir seluruhnya pada jaringan payudara. Vaksin ini bekerja pada sel darah putih utama disistem imun tubuh, serta mencari dan menghancurkan sel-sel dengan mammaglobin-A.

Penelitian sendiri dilakukan pada 14 pasien dengan kanker payudara metastatik. Para peserta diminta untuk menggunakan vaksin mammaglobin-A. Pada tahap pertama, pasien hanya mengalami beberapa efek samping ringan.

“Secara teori, ini berarti kita bisa mengobati sejumlah besar pasien kanker payudara dengan efek samping yang lebih sedikit,” kata William E. Gillanders, penulis studi dan ahli bedah kanker payudara kepada FoxNews.com.

Para peneliti juga mencatat bahwa vaksin ini dapat memperlambat perkembangan kanker. Bahkan, pada pasien yang memiliki sistem imun yang kurang karena penyakit atau paparan kemoterapi. “Meskipun sistem kekebalan tubuh melemah pada pasien ini, kami mengamati respons biologis vaksin ketika menganalisis kekebalan sel-sel dalam sampel darah mereka,” kata Gillanders.

Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa setengah dari relawan yang diberikan vaksin tidak menunjukkan perkembangan kanker mereka dalam waktu satu tahun. Sementara itu, uji klinis lebih besar tengah disiapkan peneliti untuk menguji vaksin tersebut pada pasien yang baru didiagnosa menderita kanker payudara. (ctr)

BACA JUGA: MANFAAT TAI CHI BAGI PENDERITA KANKER PAYUDARA

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes