Wah, Nonton Film Horor Juga Bisa Bakar Kalori!

Hobi nonton film bergenre horor? Ada kabar bagus untuk Anda! Menurut penelitian terbaru dari Inggris, menonton film yang menakutkan hanya 90 menit bisa membantu membakar sebanyak 113 kalori, hampir setara dengan jumlah kalori yang dibakar saat berjalan setengah jam dan setara dengan cokelat bar.

Seperti dilansir Telegraph, film thriller psikologis The Shining (1980) berada di puncak daftar film pembakar kalori terbanyak, dengan rata-rata mampu membakar 184 kalori.

Film hiu pemangsa manusia Jaws berada di posisi runner-up, dengan membakar rata-rata 161 kalori, dan film tentang praktik eksorsisme atau kerasukan hantu The Exorcist ada di posisi ketiga, dengan 158 kalori.

Penelitian ini mengukur pengeluaran energi total pada 10 orang yang berbeda saat mereka menyaksikan pilihan film horror. Lalu, para ilmuwan mencatat detak jantung mereka, asupan oksigen dan pengeluaran karbon dioksida. Hasilnya, para ilmuwan menemukan jumlah pemakaian kalori yang meningkat selama menonton film-film tersebut.

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa film yang menampilkan adegan-adegan mengagetkan adalah film yang terbaik untuk membakar kalori, karena menyebabkan denyut jantung meningkat.

“Masing-masing dari 10 film horror diuji untuk memicu peningkatan denyut jantung,” ujar Dr. Richard Mackenzie, dosen senior dan spesialis dalam metabolisme sel dan fisiologi di University of Westminster, London. “Meningkatnya denyut nadi dan memompa darah ke seluruh tubuh dengan cepat, tubuh akam menalami lonjakan adrenalin.”

“Ini adalah pelepasan adrenalin yang cepat dan dihasilkan selama stress singkat intens (atau dalam hal ini, dibawa oleh rasa takut), yang dikenal untuk menurunkan nafsu makan, meningkatkan Basal Metabolic Rate dan akhirnya membakar tingkat kalori yang lebih tinggi,” jelasnya.

Helen Cowley, editor perusahaan rental film Lovefilm, yang ikut serta dalam penelitian ini mengatakan: “Kita semua tahu bahwa menonton film horror itu menakutkan dan selalu ingin menutup mata. Namun, jika Anda ingin berusaha membakar kalori sebaiknya jangan menutup mata sampai film berakhir.”

Daftar 10 film horror pembakar kalori terbaik yang Anda bisa tonton sendiri:

1. The Shining (184 kalori)

2. Jaws (161 kalori)

3. The Exorcist (158 kalori)

4. Alien (152 kalori)

5. Saw (133 kalori)

6. A Nightmare on Elm Street (118 kalori)

7. Paranormal Activity (111 kalori)

8. The Blair Witch Project (105 kalori)

9. The Texas Chain Saw Massacre (107 kalori)

10. [Rec] (101 kalori)

Selamat mencoba! hihi (jay)

BACA JUGA : Jangan Lakukan 5 Hal ini saat Putus Cinta

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes