Wah! Ternyata Tertawa Sama Sehatnya dengan Mendayung

Dalam penelitian sebelumnya, para peneliti telah membuktikan bahwa orang yang sering tertawa memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik daripada orang pemurung yang jarang tertawa.

Wah!-Ternyata-Tertawa-Sama-Sehatnya-dengan-Mendayung

Nah, baru-baru ini penelitian mengungkap fakta unik lain dari tertawa. Menurut peneliti tersebut, tertawa lepas memiliki manfaat kesehatan yang sama besarnya dengan beberapa menit mendayung.

Adalah Dr William Fry dari Stanford Medical School yang mengatakan bahwa tertawa selama 1 menit bisa disetarakan dengan relaksasi 40 menit. Sedangkan tertawa sebanyak 100 kali setara dengan mendayung selama 10 menit.

Secara umum, proses tertawa dapat menghasilkan hormon endorfin dalam tubuh. Hormon ini dapat meringankan gejala nyeri, seperti nyeri sendi, sakit kepala, dan beberapa nyeri lainnya.

Selain meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit, tertawa juga dapat menyehatkan saluran pencernaan dengan membantu pergerakan usus.

Tak hanya itu, tertawa merupakan latihan terbaik untuk melatih otot-otot wajah, tenggorokan, paru-paru dan perut, sehingga akan membantu Anda awet muda.

Bahkan dalam salah satu kelas yoga, ada kelas yang dinamakan ‘yoga ketawa’. Kelas ini mengajak orang-orang untuk tertawa lepas, sehingga mencapai relaksasi maksimal dan mendapatkan tubuh yang lebih sehat.

So, jangan sungkan-sungkan untuk tertawa. (dan)

BACA JUGA : Biar Tidak Pikun, Dengarkan Musik Sebelum Tidur

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes