Wah, Ulat Bakal Jadi The Next Best Food!

Menurut penelitian terbaru, mealworm atau larva (ulat) dari kumbang berjenis spesies Kumbang Gelap ternyata bisa menjadi alternatif makanan bergizi selain susu, daging babi, ayam, dan sapi.

SONY DSC

Penelitian ini menyatakan bahwa larva kumbang tersebut menghasilkan lebih banyak protein dibandingkan peternakan tradisional seperti daging ayam, sapi, babi, atau susu.

Peneliti Dennis Oonincx dan rekan-rekannya dari University of Wageningen, Belanda, membandingkan dampak lingkungan dari produksi daging di sebuah peternakan larva dengan peternakan tradisional dengan menggunakan tiga parameter: penggunaan lahan, kebutuhan energi, dan emisi gas rumah kaca.

Dari awal proses ternak sampai daging dijual, para peneliti menemukan bahwa larva lebih baik ketimbang makanan lainnya. Per unit protein yang dihasilkan, peternakan larva ini ternyata memerlukan lahan yang sedikit dan jumlah energi yang sama.

Penelitian sebelumnya oleh tim yang sama, diterbitkan dalam PLoS ONE pada 2010, telah menunjukkan bahwa larva sendiri menghasilkan gas rumah kaca yang lebih sedikit ketimbang binatang ternak lainnya.

“Karena penduduk planet kita terus berkembang, dan jumlah tanah di bumi kian terbatas, sistem yang lebih efisien, dan lebih berkelanjutan pada produksi pangan sangat diperlukan. Saat ini, untuk pertama kalinya, bahwa ulat dan serangga dapat dimakan dan dapat membantu dalam mencapai sistem tersebut,” jelas Oonincx.

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE. (jay)

BACA JUGA: Sering Merasa Lapar? Inilah Penyebabnya!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes