Wanita Lebih Bahagia jika Berat Badannya Bertambah?

Berat badan memang memiliki pengaruh besar terhadap kualitas hidup seseorang. Sebuah penelitian di Jerman menemukan para wanita justru merasa lebih bahagia berat badannya bertambah meski merugikan kesehatan.

Wanita Lebih Bahagia jika Berat Badannya Bertambah

Hal ini diungkapkan oleh para peneliti dari Helmholtz Zentrum München (salah satu anggota dari Association of German Research Centres yang bertanggung jawab untuk mempelajari kesehatan lingkungan) dalam International Journal of Public Health baru-baru ini. Hasilnya memberikan informasi yang berharga untuk strategi pencegahan dalam memerangi obesitas.

Para peneliti dari Institute of Health Economics and Health Care Management (IGM) dan Institute of Epidemiology II (EPI II) yang tergabung dalam Helmholtz Zentrum München menemukan bahwa kenaikan berat badan telah menyebabkan penurunan kesehatan fisik. Namun anehnya para partisipan wanita malah mengalami perbaikan kualitas mental hidup ketika berat badan mereka bertambah. Hasil yang sama juga dialami para partisipan wanita yang sudah berbadan gemuk saat mengikuti penelitian ini.

Untuk melakukan studi ini, Profesor Dr. Rolf Holle, dan timnya dari Helmholtz Zentrum München mengevaluasi data dari studi longitudinal pada hubungan berat badan dan kualitas kesehatan dengan kehidupan.

Selama 7 tahun, para peneliti mengukur berat badan 3000 orang lebih, dan menghitung nilai Body Mass Indeks (BMI) mereka serta melihat kualitas kesehatan yang berhubungan dengan kehidupan, semua itu dinilai atas dasar kuesioner standar. “Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh berat badan pada kesehatan fisik dan kualitas mental sangat kompleks,” jelas Holle.

“Namun pemahaman hubungan pengaruh tersebut sangat penting untuk mengembangkan strategi medis yang efektif dan hemat biaya dalam mencegah dan menanggulangi kasus obesitas. Tantangannya adalah mencegah kenaikan berat badan yang mengakibatkan gangguan kesehatan seperti diabetes. Penyusunan program cara menangkal gangguan mental dengan pendekatan spesifik gender juga harus dipertimbangkan,” kata kepala Economic Evaluation Workgroup IGM dalam menyimpulkan pernyataan hasil studi ini.

Perlu diketahui bahwa sekitar 60% dari populasi orang dewasa di Jerman mengalami kelebihan berat badan dan obesitas. Maka dari itu tujuan dari Helmholtz Zentrum München adalah mengembangkan pendekatan baru untuk mendiagnosa, mengobati, dan terutama mencegah penyakit secara meluas.

So ladies, bahagiakah Anda memiliki kelebihan berat badan tapi sangat merugikan kesehatan? (boy)

BACA JUGA : Ingin Tambah Berat Badan? Ini Caranya!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes