Waspada, Amuba Pemakan Otak bisa Merenggut Nyawa

Baru-baru ini di Amerika Serikat ditemukan amuba air penyebab infeksi otak yang sanggup membunuh korbannya dalam waktu 12 hari pasca terinfeksi.

Waspada,-Amuba-Pemakan-Otak-bisa-Merenggut-Nyawa

Naegleria fowleri adalah nama dari amuba mematikan tersebut. Amuba ini masuk ke dalam tubuh manusia lewat perantara air.

Kabarnya, seorang anak berusia 4 tahun dari Louisiana meninggal dunia akibat terserang amuba ini. Naegleria fowleri telah menjangkiti otak anak tersebut hingga menyebabkan kondisi primary amebic meningoencephaliti (infeksi pada otak.

Kasus yang sama juga terjadi pada gadis 12 tahun dari Arkansas bernama Kali Hardig. The Arkansas Department of Health and the U.S. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan bahwa nyawa gadis tersebut masih tertolong setelah dia terpapar amuba usai berenang di taman air yang memiliki danau berpasir.

Seperti dilansir livescience, untuk mengurangi penyebaran amuba mematikan tersebut pemerintah daerah setempat melakukan pembilasan saluran air dengan klorin. Para ahli meyakini bahwa klorin dapat membunuh Naegleria fowleri.

Pemerintah setempat juga menganjurkan agar menghindari naiknya air ke dalam hidung untuk mengurangi risiko infeksi amuba tersebut.

Meski termasuk kejadian langka, namun kita patut waspada saat menggunakan air di lingkungan rumah. Pastikan air yang digunakan dalam keadaan bersih dan dimasak terlebih dulu sebelum digunakan. (dan)

BACA JUGA : Pasien Jantung Bisa Hidup Lebih Lama Jika Berpikiran Positif

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes