Waspada! Apel Ternyata Pembawa Insektisida Terbesar

Bagi yang suka memakan buah apel tampaknya harus lebih berhati-hati! Menurut hasil penelitian sebuah kelompok peduli lingkungan, Apel dinobatkan sebagai pembawa terbesar zat berbahaya pembasmi serangga, insektisida.

Dalam daftar tahunan yang dirilis New York Daily News, apel kedua kalinya secara berturut-turut merajai puncak daftar Dirty Dozen dari Environmental Working Group, yang mengidentifikasi buah dan sayuran yang paling banyak mengandung zat pestisida di Amerika Serikat.

Tahun lalu, apel mengalahkan daun seledri di posisi teratas. Kali ini, seledri dinobatkan sebagai pembawa insektisida terbesar kedua. Sementara, paprika muncul diurutan ketiga.

Di edisi ke-8 Shopper’s Guide to Pesticides in Produce, para peneliti juga menambahkan sayuran hijau kale dan collard, juga ditemukan membawa insektisida organofosfat yang sangat beracun dan berbahaya untuk sistem saraf.

Untuk menyusun daftar ini, para peneliti menganalisis data pengujian residu dari Departemen Pertanian AS dan Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan AS (FDA). Nektarin, blueberry, plum dan melon yang diteliti juga berasal dari sumber domestik dan impor.

Untuk kawasan Eropa, laporan dari Otoritas Keamanan Makanan Eropa yang diterbitkan tahun lalu mengidentifikasi anggur, paprika, terong, kacang polong dan gandum sebagai pembawa pestisida terbesar.

Berikut daftar buah dan sayuran yang membawa zat pestisida terbanyak:

  1. Apel
  2. Seledri
  3. Paprika
  4. persik
  5. Stroberi
  6. Nektarin
  7. Anggur
  8. Bayam
  9. Selada
  10. Timun
  11. Blueberry
  12. Kentang

(jay)

BACA JUGA : Konsumsi Vitamin D dan Kalsium Agar Panjang Umur

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes