kualitas sperma

Waspada Bung, Lemak Jenuh Pengaruhi Kualitas Sperma!

Sebuah studi mengungkapkan, mengonsumsi lemak secara berlebihan dapat menurunkan kualitas sperma pada pria. Studi dilakukan pada 99 laki-laki dan 71 persen di antaranya mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Pada 71 persen pria tersebut ditemukan hubungan antara total lemak yang tinggi atau rendah dapat mempengaruhi kualitas sperma dan konsentrasi Anda.

Headline Lemak

Jurnal reproduksi mengungkapkan, secara signifikan pria yang bayak mengonsumsi asam lemak omega 3 pada ikan memiliki sperma yang lebih baik dibandingkan dengan pria yang tak mengonsumsinya. Pria yang mengonsumsi lemak jenuh memiliki 35 persen jumlah total sperma lebih rendah dibandingkan dengan pria yang mengonsumsi asam lemak omega 3.

Jill Attaman, Profesor endokrinologi reproduksi di Massachusetts mengungkapkan, jika orang membuat perubahan untuk diet, mereka dapat mengurangi jumlah lemak jenuh yang mereka makan dan meningkatkan asupan omega 3. Dengan begitu, maka hal ini tentunya dapat meningkatkan kesehatan reproduksi mereka.

“Pada era global, sedikit mengubah gaya hidup dapat memperbaiki kesehatan Anda secara umum. Apabila Anda menghindari lemak jenuh, maka hal tersebut akan menghindarkan Anda dari risiko penyakit jantung. Penelitian ini telah menunjukkan bahwa jenis lemak yang baik, seperti asam lemak pada omega 3 dapat bermanfaat untuk kesehatan reproduksi para pria di seluruh dunia,” ucap Jill.

Seperti yang telah dijelaskan melalui temuan penelitian tersebut, diet lemak akan mempengaruhi kualitas sperma Anda. Jill dan rekan-rekannya mulai menyelidiki laki-laki yang sering mengunjungi klinik kesuburan. Antara Oktober 2006 hingga Agustus 2010 mereka meneliti sampel sperma para pasien di klinik tersebut. Bukan hanay itu, mereka juga diukur tingkat Fatty Acids di sperma dan seminalis plasma. 23 dari 99 pria telah ditemukan hubungan antara diet lemak dan kualitas sperma sebagian besar dipengaruhi oleh konsumsi lemak jenuh. Orang-orang yang sering mengonsumsi lemak jenuh hanya memiliki 35 persen jumlah total sperma lebih rendah dibandingkan dengan pria yang tak mengonsumsi lemak jenuh. Bukan hanya itu, mereka yang sering mengonsumsi lemak jenuh juga memiliki 38 persen konsentrasi sperma yang rendah.

“Rendahnya kualitas sperma akibat konsumsi lemak jenuh harus dihindari dengan mengonsumsi makanan yang sehat,” pungkasnya. (gie)

BACA JUGA: Cara Turunkan 1/2 Kg Bobot Tubuh Dalam Seminggu

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes