Waspada, Kanker Kulit Incar Para Pekerja Outdoor

Bagi para pekerja outdoor sebaiknya berhati-hati! Orang-orang yang bekerja di luar ruangan dan sering terkena paparan sinar matahari berisiko mengalami peningkatan untuk terkena kanker kulit non-melanoma yang agresif, seperti karsinoma sel skuamosa dan karsinoma sel basal.

Penelitian ini diungkapkan oleh peneliti asal Jerman, Manigé Fartasch, yang dipublikasikan dalam jurnal Deutsches Ärzteblatt International edisi ke-43.

Laman Zeenews.com juga menuliskan, penelitian terbaru ini menghasilkan efek yang kurang untuk terkena karsinoma sel basal, bentuk lain dari kanker kulit non-melanoma, ketimbang karsinoma sel skuamosa.

Di Jerman, kanker kulit yang disebabkan sinar ultraviolet (UV) belum dianggap penyakit yang terkait pekerjaan dan belum masuk dalam undang-undang penyakit akibat kerja Ordinance on Occupational Diseases (BKV, Berufkrankheitsverordnung). Hingga saat ini, kanker tersebut masih dibahas agar segera di masukan ke dalam undang-undang tersebut.

Fartasch juga menyerukan langkah-langkah pencegahan untuk para pekerja yang sering terkena paparan UV.

Kanker kulit non-melanoma adalah kanker yang paling umum terjadi di negara-negara Barat dengan kasus sekitar 10 per 100.000 penduduk di Eropa. Terutama, orang yang pucat dengan jenis kulit sensitif terhadap matahari tercatat sering terkena penyakit berbahaya ini. (jay)

 BACA JUGA : Mengenal Lebih Dalam Kanker Kulit

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes