Waspada Ladies, Lipstik Bisa Bahayakan Kesehatan Mental!

Sebuah penelitian terbaru yang melibatkan 22 merek lipstik atau pewarna bibir, menemukan bahwa sebanyak 55 persen lipstik di pasaran ternyata mengandung zat yang berbahaya.

Laman Dailymail.co.uk menuliskan, Underwriters Laboratories di AS mengungkapkan bahwa 12 dari produk bibir sampel yang diujicobakan terbukti positif mengandung zat beracun timbal dengan tingkat tertinggi pada 3,22 parts per juta.

Mengomentari temuan tersebut, Direktur Medis untuk Boston Lead Poisoning Prevention Program, Dr. Sean Palfrey, memperingatkan bahkan tingkat rendah paparan timbal bisa menimbulkan risiko kesehatan yang serius dan dapat mempengaruhi kesehatan mental.

“Apa yang kami ketahui adalah meskipun timbal digunakan dalam kadar yang sangat rendah, tetap dapat membahayakan IQ seseorang, perilaku, bahkan kemampuan berpikir seseorang,” ujar Palfrey.

Beberapa aktivis yang peduli hal ini juga meyerukan untuk melindungi anak-anak dan wanita hamil.

Dr. Halyna Breslawec, kepala ilmuwan untuk Personal Care Products Council, menambahkan: “Jika Anda mencemaskan kesehatan masyarakat dari keracunan timbal, sebaiknya hindarilah lipstik.”

Saat ini, belum ada standar yang ditetapkan oleh Food and Drug Administration (FDA) untuk membatasi tingkat timbal pada lipstik dan hal ini semuanya diserahkan kepada produsen untuk memutuskan pada uji keamanan yang dilakukan.

Meski timbal memang tidak dimasukkan secara langsung ke lipstik, namun banyak produk pewarna menggunakan senyawa mineral yang ternyata mengandung timbal. Secara alami, timbal dapat ditemukan terkandung dalam tanah, air dan udara. So, waspada ladies! (jay)

BACA JUGA : Anak Obesitas Disebabkan Pola Makan Ibu Saat Hamil

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes