Waspada, Merokok saat Hamil Sebabkan Meningitis pada Bayi

Menurut penelitian di Inggris, wanita hamil yang merokok bisa memberikan kesempatan bayi mereka untuk terkena meningitis, dan anak-anak yang terpapar asap rokok tercatat dua kali lebih rentan terhadap penyakit mematikan.

Setiap tahun sekitar 2.500 orang mengembangkan meningitis di Inggris, meski paling sering terjadi pada anak di bawah 5 tahun. Ini membunuh satu dari 20 orang. Meningitis disebabkan oleh infeksi pada selaput pelindung yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang.

Infeksi dapat disebabkan oleh bakteri atau virus, dan mengarah ke meninges menjadi meradang (bengkak). Ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada saraf, otak dan sumsum tulang belakang.

Rachael Murray, dari UK Centre for Tobacco Control Studies di University of Nottingham, yang memimpin penelitian, mengatakan: “Kami perkirakan ada 630 kasus penyakit meningokokus invasif anak setiap tahunnya, yang diatribusikan secara langsung perokok pasif di Inggris.”

Sementara itu, angka-angka terbaru National Health Service menunjukkan bahwa 13 persen wanita yang melahirkan adalah perokok atau sekitar 95.000 ibu baru di Inggris setahunnya.

Para peneliti kemudian menganalisa 18 studi yang mengamati hubungan antara merokok pasif dan meningitis. Hasilnya, anak-anak yang terpapar asap perokok pasif di rumah lebih dari dua kali lebih mungkin untuk terkena penyakit ini. Balita bahkan lebih rentan. Mereka ditemukan dua setengah kali lebih berisiko. (jay)

BACA JUGA: Malas Sikat Gigi Berisiko Impoten?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes