Waspada, Pria Obesitas Juga Berisiko Kanker Prostat Lho!

Lagi-lagi obesitas menjadi pusat perhatian dalam kesehatan. Gara-gara obesitas, seseorang bisa terserang penyakit stroke, gagal jantung, hipertensi, dan yang baru-baru ini diteliti dalam studi di Columbia, New York, bahwa obesitas berisiko kanker prostat di masa depan, khususnya pada pria.

Risiko Kanker Prostat Tidak Jauh Dari Obesitas

Awalnya pada penelitian ini para peneliti mempelajari biopsy dari 6.692 pria yang bebas kanker. 11 persen diantaranya mempunyai luka (lesi) sebelum menderita kanker. Mereka menemukan 494 orang yang kemudian terkena kanker dan dicocokkan dengan 494 orang lainnya yang tidak terkena kanker. Setelah tindak lanjut selama 14 tahun dan disesuaikan dengan faktor-faktor risiko lainnya, mereka menemukan bahwa kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko kanker prostat sebesar 57 persen.

Menurut profesor epidemiologi di Columbia University Medical Center, Andrew Rundle, menjelaskan bahwa penelitian ini dapat membantu dalam menentukan jenis tindakan klinis lanjutan yang diperlukan terhadap pria obesitas.

Selain itu Rundle mengatakan, “Data penelitian tidak hanya menunjukkan risiko penyakit prostat pada pria gemuk saja, tetapi dapat membantu membedakan laki-laki mana yang benar-benar membutuhkan cakupan perhatian medis khusus dan mana yang tidak.” (nug)

BACA JUGA : Anak Obesitas Berisiko Terkena Kanker?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes