WHO: Knalpot Mesin Diesel Bisa Sebabkan Kanker

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengklasifikasikan knalpot mesin diesel sebagai faktor berbahaya bagi kesehatan yang bisa menyebabkan kanker.


Selain itu, WHO juga menyerukan masyarakat internasional untuk menghindari paparan mesin diesel. Hal tersebut diumumkan WHO pada Selasa (12/6) seperti dikutip Zeenews.

“Knalpot mesin diesel menyebabkan kanker paru-paru pada manusia. Populasi besar dikhawatirkan menghirup diesel di kehidupan sehari-hari, baik melalui pekerjaan mereka atau melalui udara sekitar,” ungkap Christopher Portier, Ketua International Agency for Research on Cancer (IARC) di WHO.

WHO juga mengungkapkan, diesel memiliki hubungan dengan peningkatan risiko kanker kandung kemih. Hal itu akan dialami orang yang terkena gas buang dari mobil diesel, kereta, kapal dan pembangkit listrik. “Mengingat dampak kesehatan tambahan dari partikulat diesel, paparan campuran bahan kimia ini harus dikurangi di seluruh dunia,” tambah Christopher.

Sebelumnya pada 1988, Portier beserta tim IARC sudah mengklasifikasikan knalpot diesel sebagai ‘calon’ bahan yang dapat mendorong/menyebabkan kanker atau yang dikenal karsinogenik. Jadi, waspadalah bagi Anda yang sering menggunakan peralatan terkait mesin diesel . (jay)

BACA JUGA : Sumber Protein Pilihan Bagi Vegetarian

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes