obesitas sehat

Yakin Bahwa Anda Tetap Sehat dengan Tubuh Obesitas?

Orang-orang yang obesitas mungkin nampak sehat untuk sementara waktu. Tetapi, kondisi mereka sebenarnya menurun dari waktu ke waktu.
Berdasarkan penelitian oleh ilmuwan di University College London menemukan temuan yang mendukung penelitian sebelumnya. Ditemukan orang-orang yang kelebihan berat badan lebih tinggi terkena risiko serangan jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker daripada orang dengan berat badan ideal.

hEADLINE NEWS

Untuk tujuan penelitian, obesitas yang sehat diartikan apabila seseorang tersebut tidak memiliki tekanan darah tinggi, kolestrol tinggi, diabetes, atau faktor risiko metabolik lainnya.

Total dari 2.521 pria dan wanita dengan rentang usia 39 hingga 62 tahun telah diukur indeks massa tubuh mereka, termasuk kadar kolestrol, tekanan darah, kadar plasma glukosa ketika puasa, dan resistensi insulin.

Awalnya, 181 responden diklasifikasikan ke dalam golongan obesitas, sedangkan 66 di antaranya dianggap memiliki badan gemuk, namun tetap sehat.

Namun saat dua dekade telah berlalu, tak lebih dari setengah dari orang-orang yang sebelumnya dianggap memiliki berat badan gemuk dan sehat tersebut telah berubah. Peneliti menggolongkan mereka ke dalam obesitas yang tidak sehat.

Hanya 11persen dari orang-orang yang obesitas pada awal penelitian kehilangan beberapa kilogram berat badannya hingga tubuh mereka turun hingga mencapai berat badan ideal.

“Bedasarkan penelitian tersebut bisa diambil asumsi bahwa obesitas sehat akan terjadi jika berat tubuh mereka stabil dari waktu ke waktu. Tapi, kebanyakan orang dengan predikat obesitas sehat cenderung menjadi tidak sehat dalam jangka panjang. Hal ini terbukti dari beberapa dekade pasca penelitian awal,” ungkap pemimpin studi yang juga penulis, Joshua Bell.

Hampir 36 persen dari orang dewasa di Amerika Serikat mengalami obesitas, dan hampir 25 persen dari orang dewasa di Inggris juga mengalaminya. Hal itu membuktikan bahwa angka obesitas termasuk besar di negara-negara maju.

“Intinya, memiliki predikat obesitas dengan tubuh sehat hanya tidak akan bertahan lama. Terbukti, bahwa semua obesitas akan berdampak buruk bagi kesehatan, hingga dapat menimbulkan kematian,” tambah Bell.

BACA JUGA: Awas, Bekerja Shift Malam Tingkatkan Risiko Kematian

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes