mencegah penyakit jantung

Yoga Mampu Cegah Risiko Penyakit Jantung?

Sejak dulu, yoga dikenal dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Studi terbaru menunjukkan jika yoga juga berpotensi dapat mencegah seseorang dari penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung.

mencegah penyakit jantung

Menurut pemimpin peneliti dari Harvard University’s Health Policy Program, Paula Chu, yoga kemungkinan besar berperan dalam menjaga kesehatan jantung.

Setelah dilakukan analisa pada 37 percobaan klinis, tim peneliti menemukan bahwa orang yang rutin melakukan yoga dapat mengurangi berat badan, tekanan darah, dan kolesterol.

Tak hanya yoga, manfaat yang sama sepertinya juga dapat diberikan oleh olahraga atau latihan sederhana lain seperti jalan cepat. Meski demikian, peneliti masih belum berani untuk menarik kesimpulan secara pasti.

“Kami percaya ada bukti yang menjanjikan dari yoga pada peningkatan faktor risiko kardiovaskular,” kata Chu dalam European Journal of Preventive Cardiology, seperti dilansir WebMD.com, Selasa (16/12).

Selain berpotensi mencegah penyakit kardiovaskuler, banyak penelitian yang menyebut bahwa yoga membantu menguatkan tubuh serta pikiran.

So, tertarik untuk mencoba latihan yoga? (ctr)

BACA JUGA: 5 Manfaat Latihan Dengan Stik Zumba

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes