Yuk, Cegah Darah Tinggi dengan Yoghurt!

Ada kabar baik bagi Anda para pencinta yoghurt! Menurut penelitian terbaru, dengan menambahkan lebih banyak yoghurt ke pola makanan Anda ternyata bisa membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Sebuah penelitian yang dipresentasikan di acara American Heart Association’s High Blood Pressure Research 2012 Scientific Sessions ini menemukan bahwa efek jangka panjang dari pemakan yoghurt ternyata kurang berisiko mengembangkan tekanan darah tinggi dan rata-rata memiliki tekanan darah sistolik lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi yoghurt.

Tekanan darah sistolik adalah hal utama dalam pembacaan tekanan darah. Ini bisa mengukur kekuatan darah pada dinding arteri saat jantung berdenyut.

Selama Penelitian yang dilakukan selama 15 tahun, para peneliti melibatkan lebih dari 2.000 relawan yang tidak memiliki tekanan darah tinggi pada awal penelitian. Konsumsi yoghurt kemudian diukur dengan kuesioner yang diisi oleh para relawan di tiga interval selama masa penelitian.

Hasilnya, relawan tercatat 31 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan tekanan darah tinggi jika setidaknya 2 persen dari kalori harian mereka berasal dari yogurt, atau setidaknya mengonsumsi satu cangkir (6 ons) yoghurt rendah lemak setiap tiga hari sekali.

Selain itu, tekanan darah sistolik mereka meningkat lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang tidak makan yogurt. Jadi, perbanyak makan yoghurt dari sekarang! (jay)

BACA JUGA : Firmicutes, Bakteri Penyebab Kegemukan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes