Yuk, Cegah Penyakit Jantung dengan Blackcurrant

Ada kabar baik untuk Anda yang doyan makan buah blackcurrant! Menurut penelitian terbaru, blackcurrant bisa menjadi kunci untuk mengalahkan penyakit jantung.

Buah tersebut diketahui kaya akan antioksidan, yang telah terbukti membantu memangkas risiko serangan jantung, stroke dan gagal jantung.

Profesor Michael Aviram yang memimpin penelitian dari Rambam Medical Centre di Haifa, Israel, menemukan bahwa buah ini dapat membantu tingkat pembuangan lemak berbahaya dalam darah.

“Menemukan kandungan tinggi antioksidan dalam buah super ini adalah sebuah terobosan menarik dan signifikan dalam kesehatan jantung,” ungkap Aviram seperti dikutip Daily Express.

Tak hanya itu, blackcurrant juga memiliki kadar vitamin C yang luar biasa tinggi (302% nilai asupan harian per 100 gram). Selain antioksidan dan vitamin C, blackcurrant banyak mengandung vitamin lain, seperti vitamin B1, B2, B3, B5, dan vitamin B6, serta mineral kalsium, besi, magnesium, fosfor, dan seng.

Terdapat pula senyawa fitokimia (polifenol/antosianin) yang berpotensi menghambat mekanisme inflamasi yang diduga berasal dari tahap awal penyakit jantung, kanker, infeksi mikroba, atau kelainan neurologis seperti penyakit Alzheimer.

Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Royal Society of Chemistry journal Food and Function. Yuk, konsumsi blackcurrant untuk kesehatan Anda! (jay)

BACA JUGA : 5 Nutrisi Penyeimbang Hormon Alami Wanita

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes