Yuk, Hidup Lebih Lama dengan Jogging!

Jika Anda gemar berjogging, berarti Anda termasuk orang beruntung. Mengapa demikian? Studi terbaru mengatakan bahwa kebiasaan jogging dapat memperpanjang usia seseorang, rata-rata hingga 6.2 tahun pada pria dan 5.6 tahun pada wanita.


Studi yang dipresentasikan di Europrevent2012 Conference, Dublin, Irlandia ini menemukan bahwa terjadi kasus kematian sebesar 10.158 dari orang-orang yang tidak pernah jogging, sedangkan hanya terjadi 122 kematian dari kelompok orang yang gemar berjogging, seperti yang terdaftar dalam City Heart Study.

Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa pria dan wanita yang gemar melakukan jogging dapat mengurangi risiko kematian dini sebesar 44%, sehingga umur mereka lebih panjang.

Jogging akan bermanfaat secara optimal jika dilakukan antara satu hingga dua jam setiap minggu, selama dua sampai tiga sesi latihan. Terutama bila dilakukan dalam intensitas rendah atau sedang.

“Kami dapat menyimpulkan dengan pasti bahwa jogging dapat memperpanjang usia seseorang. Bahkan, Anda tidak perlu melakukan jogging terlalu sering untuk mendapatkan manfaat terbaiknya,” ujar Dr. Peter Schnohr, Chief Cardiologist of the Copenhagen City Heart Study, seperti dilansir CbsNews pada Jumat, 4 Mei 2012.

Dr. Peter Schnohr juga menyampaikan bahwa jogging dapat meningkatkan asupan oksigen dalam tubuh, meningkatkan HDL (kolesterol baik), menurunkan trigliserida, meningkatkan fungsi jantung, daya tahan tubuh, dan kepadatan tulang. Tak hanya itu, jogging juga dapat membuat perasaan seseorang jauh lebih baik. (dan)

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes