Yuk, Lahap Cherry si Super Fruit!

Salah satu elemen dalam keseimbangan diet kita adalah buah. Konsumen di Indonesia baru mengkonsumsi buah dibawah 40kg/kapita. Padahal menurut standar FAO, kita harus mengkonsumsi 5 porsi buah setiap hari, sehingga mencapai minimal 75kg/kapita.

Dibanding dengan beberapa negara di Asia. Konsumsi buah di Indonesia masih terlalu rendah. Padahal buah sangat penting bagi kesehatan kita. Buah memiliki “Oxygen radical absorbance capacity”, dibanding dengan makanan lain. “Oxygen radical absorbance capacity” adalah kemampuan makanan melawan radikal bebas dengan kandungan zat antioksidan di dalamnya.

Kelebihan buah dapat dimakan dalam keadaan mentah. Sehingga tidak ada penurunan kualitas karena proses olahan seperti memasak. Karena, proses memasak makanan bila tidak dilakukan dengan baik dan sempurna akan cenderung merusak dan menurunkan kualitas makanan tersebut.

Buah yang kita konsumsi secara langsung, memiliki kombinasi unik antara serat, air, vitamin, mineral, antioksidan dan nutrisi phyto. Kombinasi yang unik ini membuat buah menjadi salah satu jenis makanan yang tidak dapat ditandingi oleh makanan lain.

Kandungan nutrisi dalam buah memiliki kekuatan penyembuhan dan pencegahan terhadap berbagai penyakit dan kerusakan tubuh. Buah juga memiliki hubungan spiritual yang unik dengan tubuh manusia, yaitu sebagai faktor penting untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Nah, diantara banyaknya buah-buahan yang ada. Salah satu “super fruit” yang harus Anda cicipi ialah cherry. Buah cherry sendiri sejajar dengan “super fruit” yang lain seperti apel dan jeruk. Pada tahun 2011, sebanyak 11 persen dari minuman olahan diseluruh dunia diluncurkan dengan rasa cherry.

Buah cherry disamping banyak mengandung nutrisi phyto dan antioksidan, juga bermanfaat untuk memperbaiki kualitas tidur manusia, memiliki zat inflamasi, dan membantu penyembuhan otot yang cedera.

“Cherry merupakan buah super antioksidan. Kandungan vitamin dan beta k-nya sangat tinggi. Kandungan seratnya juga tinggi, sangat berguna bagi kesehatan,” ujar Leonard Tjahjadi, Senior Consultant, Peka Consult, Inc. saat ditemui Duniafitnes di acara Creative Culinary Creation 2012 by Northwest Cherries & Washington Apple Commission di Lamoda Café, Plaza Indonesia Lt.1, Jakarta, Jum’at (13/7/12).

Tak hanya itu saja segudang manfaat mengkonsumsi cherry. Vitamin A dalam buah cherry, 19 kali lebih tinggi dibanding blueberry atau strawberry. Salah satu hasil riset terakhir menunjukan bahwa buah cherry juga memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa nyeri dan sakit. Terutama yang berhubungan dengan penyakit arthritis, serta mengurangi risiko terjangkit asam urat.

Dalam acara demo masak yang diselenggarakan oleh Northwest Cherry & Washington Apple Commission, turut hadir Celebrity Chef, Vindex Tengker. Pada kesempatan itu, Chef Vindex berinovasi dengan buah cherry ke dalam beberapa menu, seperti Grilled Sesame Crusted Tuna Skewers with Northwest Cherry Salsa dan Pan Fried Five Spice Duck Breast with Gingered Northwest Cherry Compote.

Bukan hanya berkeasi ke dalam main course. Melalui ide segar Chef Vindex. Buah cherry juga diperkenalkan sebagai buah yang bukan hanya sebagai pencuci mulut semata. Tetapi bisa diolah menjadi dessert, contohnya Cinnamon Washington Apple and Northwest Chery Tart.

“Dengan event ini, diharapkan orang akan lebih banyak makan cherry. Musim buah cherry pendek. Hanya dua bulan ini. Saya berharap Indonesia lebih sehat. Masyarakat makan buah-buahan yang lain juga. Karena konsumsi buah di Negara kita sangat rendah. Jadi harus ditingkatkan,” tutup Leonard. (aai)

BACA JUGA : Yuk, Rajin Berolahraga dengan 4 Panduan ini!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes