Yuk, Lindungi Tulang dengan Minyak Zaitun

Menurut sebuah penelitian terbaru, mengonsumsi makanan yang diperkaya dengan minyak zaitun ternyata bisa membantu melestarikan kekuatan tulang.

Para peneliti dari Hospital Dr. Josep Trueta di Girona, Spanyol, menemukan bahwa konsumsi makanan ala Mediterania yang diperkaya dengan minyak zaitun selama dua tahun terkait dengan adanya tanda-tanda pembentukan tulang yang meningkat dan memunculkan efek perlindungan pada tulang.

“Asupan minyak zaitun berhubungan dengan pencegahan osteoporosis pada eksperimental dan dalam model in vitro,” ujar Jose Manuel Fernandez-Real, penulis utama penelitian tersebut, monster beats apple accessories 2 seperti dikutip Zeenews.com.

“Ini adalah studi acak pertama yang menunjukkan bahwa minyak zaitun mempertahankan tulang, setidaknya seperti yang disimpulkan oleh sirkulasi penanda tulang, pada manusia,” kata Jose dalam sebuah pernyataan.

Penelitian ini melibatkan sebanyak 127 orang, yang terdiri dari pria berusia 55-80 tahun dan dipilih secara acak dari Prevencion con Dieta Mediterranea (PREDIMED).

Peserta secara acak ditugaskan melakukan tiga kelompok intervensi: mengonsumsi makanan Mediterania dengan campuran kacang, nfl jerseys reddit for sale near me makanan Mediterania dengan minyak zaitun, dan makanan rendah lemak. Lalu, peneliti melakukan pengukuran biokimia pada osteocalcin, glukosa, kolesterol, total HDL-kolesterol dan trigliserida, yang dilakukan pada awal penelitian dan setelah dua tahun dengan sampel darah.

Hasilnya, nfl-jerseys-at-walmart-aliexpress peneliti menemukan bahwa hanya dengan mengonsumsi makanan Mediterania dengan minyak zaitun dikaitkan dengan peningkatan yang signifikan dalam konsentrasi osteokalsin total dan penanda formasi tulang lainnya.

Tak hanya itu, perubahan juga tidak ditemukan secara signifikan dalam kalsium serum pada peserta yang mengonsumsi minyak zaitun, sedangkan kalsium serum justru menurun secara signifikan pada dua kelompok lainnya.

Penelitian ini akan diterbitkan dalam Endocrine Society`s Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism (JCEM). (jay)

BACA JUGA : Ibu Hamil Perokok Lahirkan Bayi Penderita Asma

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes