Yuk, Sembuhkan Penyakit dengan Menyanyi

Ada kabar gembira buat Anda yang hobi menyanyi atau berkaraoke ria. Sebuah studi yang digelar di Amerika Serikat menunjukkan bahwa hobi menyanyi berdampak positif bagi kesehatan.

Yuk,-Sembuhkan-Penyakit-dengan-Menyanyi

Kesimpulan ini didapat setelah tim peneliti dari Harvard University, AS, meminta para pasien di sebuah rumah sakit untuk menghapalkan lirik dan menyanyikan lagu kesukaan mereka masing-masing 5-6 kali dalam seminggu.

Hasilnya, lebih dari 70 persen pasien mengalami pemulihan lebih cepat dari perkiraan dokter sebelumnya. Peneliti beranggapan bahwa bernyanyi dapat mengalihkan perhatian otak yang mempengaruhi rasa sakit. Dan beberapa responden mengaku bahwa dengan bernyanyi secara rutin, rasa sakit mereka mulai berkurang.

Hal senada juga disampaikan Profesor Graham Welch dari sekolah musik di Institut Pendidikan Universitas London, Inggris.

Beliau menyatakan bahwa bernyanyi dapat menyehatkan jantung dan paru-paru, karena bernyanyi merupakan aktivitas aerobik yang mampu meningkatkan pasokan oksigen dalam darah dan meningkatkan efisiensi sistem kardiovaskular.

So, Let’s sing for healthy life. (dan)

BACA JUGA : Ini Sebabnya Nyamuk Malaria Gemar Mengisap Darah Manusia

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes