Yuk, Tekan Hasrat Merokok dengan Olahraga!

Bagi perokok yang ingin mencoba berhenti atau mengurangi asupan nikotinnya bisa ikuti solusi baru ini! Menurut para peneliti di Inggris, perokok bisa mempertimbangkan untuk melakukan jogging jika hasrat ingin merokoknya muncul.

Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Addiction, yang menggabungkan data dari 19 uji klinis sebelumnya. Para peneliti menemukan bahwa olahraga secara umum dapat mengurangi ketagihan nikotin perokok, meskipun belum diketahui apakah itu dapat diterapkan juga untuk menghentikan kebiasaan merokok.

“Tentu saja, olahraga tampaknya memiliki manfaat sementara, dan dengan demikian dapat sangat disarankan,” ujar Adrian Taylor, seorang profesor psikologi kesehatan dan olahraga di Universitas Exeter, Inggris, yang memimpin penelitian itu, seperti dikutip Antaranews.com.

Dalam percobaan di penelitian tersebut, para perokok secara acak diminta untuk melakukan olahraga, baik jalan cepat atau bersepeda, atau beberapa jenis aktivitas “pasif” lainnnya, seperti menonton video atau hanya duduk berdiam diri.
Secara keseluruhan, tim Taylor menemukan bahwa orang mengaku memiliki keinginan yang lebih kecil untuk merokok setelah berolahraga dibandingkan dengan sebelumnya. Namun, alasan mengapa itu terjadi belum jelas.

Olahraga mungkin dapat berfungsi sebagai pengalihan. Tetapi, bersikap aktif juga bisa mencerahkan suasana hati seseorang sehingga mereka boleh jadi tidak merasa perlu untuk merokok hanya guna memperbaiki suasana hati mereka, ungkap Taylor.

Yuk, rajin berolahraga mulai dari sekarang jika ingin berhenti merokok! (jay)

BACA JUGA : Usir Kolesterol Jahat dengan Santan dan Seafood

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes