Zinc Bisa Redakan Flu?

Anda yang saat ini sedang terserang flu pasti akan melakukan berbagai cara untuk meredakan dan menyembuhkan penyakit ini. Jika berbagai obat sudah Anda coba namun tidak membuahkan hasil, mungkin menggunakan suplementasi zinc (seng) bisa membantu Anda.


Sebuah penelitian dilakukan pada 2.100 pasien yang terkena penyakit flu. Pasien diberikan suplementasi zinc dalam bentuk tablet untuk mengetahui pengaruh suplemen ini bagi pasien. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa pasien yang diberikan suplementasi zinc mengalami peningkatan kesehatan dan rentang waktu penyakit yang lebih pendek, seperti dikutip HealthDay News pada Senin, 7 Mei 2012.

“Meskipun ada kemungkinan penggunaan zinc untuk meredakan gejala flu, namun lingkup penelitian di atas hanya dalam skala terbatas dan belum menjadi bukti kuat sebagai dasar rekomendasi penggunaan suplementasi zinc pada penderita penyakit flu. Jika pun harus menggunakannya, pasien juga perlu mempertimbangkan efek sampingnya,” ungkap Dr. Michelle Science selaku pemimpin penelitian, dari Hospital for Sick Children di Toronto.

Pendapat serupa juga disampaikan oleh Dr. Robert Schwartz, Chairman of Family Medicine at the University of Miami School of Medicine, “ Pemberian obat memang berguna untuk meredakan gejala flu, namun obat untuk menyembuhkan penyakit ini masih belum tersedia. Penyakit flu biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1 minggu,” tuturnya. (dan)

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes