cara meningkatkan metabolisme tubuh

4 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Anda

Salah dalam strategi latihan dan diet justru dapat memperlambat laju metabolisme tubuh Anda. Berikut ini empat cara meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

Apa itu Metabolisme?

Metabolisme tubuh, atau lebih tepat dikenal dengan basal metabolic rate (BMR), mengacu pada jumlah kalori yang Anda bakar sebagai energi yang dibutuhkan tubuh untuk hidup dan organ berfungsi sebagai mana mestinya.

Kalori yang dikeluarkan tentu untuk menjalankan fungsi-fungsi penting dalam kelangsungan hidup. Mulai dari pernapasan, sirkulasi darah, oksigen, dan juga distribusi nutrisi ke seluruh tubuh.

Metabolisme menyumbang hingga 70 persen dari kalori yang Anda bakar per hari.

Semakin tinggi metabolisme, semakin banyak kalori yang Anda bakar.

Ini berarti bahwa mungkin Anda dapat makan lebih banyak kalori daripada temen Anda dan Anda dapat menjaga berat badan Anda.

Dan ketika Anda sedang diet, ini berarti Anda mungkin dapat makan lebih banyak kalori untuk mendorong penurunan berat badan.

cara meningkatkan metabolisme tubuh

BMR Anda dipengaruhi oleh beberapa faktor yang tidak bisa diubah (genetika). Seperti usia, tinggi badan, jenis kelamin, dan genetika.

Seiring dengan bertambahnya usia, metabolisme tubuh Anda akan menurun terutama karena penurunan massa bebas lemak.

Hal ini berarti bahwa seiring bertambahnya usia, tubuh Anda membutuhkan kalori lebih sedikkit untuk mempertahankan berat badan Anda daripada tahun sebelumnya.

Seperti yang dapat Anda bayangkan, jika Anda tidak mengubah kebiasaan olahraga dan makan Anda, berat badan Anda mungkin akan bertambah drastis.

Ini Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Anda

cara meningkatkan metabolisme tubuh

1. Latihan Beban yang Teratur
Resistance training atau angkat beban akan berakibat kerusakan pada otot. Kerusakan ini berarti memang dibutuhkan agar terjadi pertumbuhan otot.

Hasil studi yang dipublikasikan dalam Medicine and Science in Sports and Exercise menemukan bahwa orang yang berlatih secara teratur selama enam bulan, kenaikan resting metabolic rate (RMR) mencapai 7 persen.

Resting Metabolic Rate (RMR) adalah kalori yang dibutuhkan berdasarkan aktifitas dan olahraga yang dilakukan.

Tapi Anda tidak perlu menunggu selama itu untuk melihat peningkatan metabolisme tubuh Anda.

Latihan yang intens akan dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda hingga 11-12 persen selama dua jam pasca latihan, atau bahkan 9 persen hingga 15 jam pasca latihan.

Agar Anda dapat memanfaatkan keuntungan latihan beban secara maksimal, pastikan Anda berlatih fokus pada semua kelompok otot rangka (skeletal muscle) dengan gerakan compound atau gerakan yang melatih banyak kelompok otot.

Sementara untuk jumlah repetisi di kisaran 8-12 repetisi atau bisa sekali-kali 12-20 repetisi.

2. Pilih Latihan Beban dengan Intensitas Tinggi

cara meningkatkan metabolisme tubuh

Metode latihan yang Anda pilih dan lakukan juga merupakan salah satu cara meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

Setelah menyelesaikan latihan dengan intensitas tinggi seperti HIIT (High Intensity Interval Training) atau circuit training, konsumsi oksigen atau yang biasa disebut dengan Exess Post-Exercise Oxygen Consumption (EPOC), akan meningkat selama latihan.

Peningkatan EPOC ini akan membantu menjaga energi tubuh Anda hingga 24-48 jam setelah latihan.
Pastinya, ini akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh Anda setelah latihan.

Baca Juga: Singkirkan Lemak dengan 5 Menit HIIT Berikut

3. Konsumsi Protein yang Cukup

cara meningkatkan metabolisme tubuh

Segala sesuatu yang berlebih mungkin tidak cukup baik, begitu pula sebaliknya, apa saja yang serba kurang maka hasilnya juga kurang maksimal.

Hal ini juga berlaku untuk kebutuhan asupan protein Anda.

Mengonsumsi protein adalah cara paling jitu untuk memicu perbaikan dan pertumbuhan otot.

Ketika Anda berlatih beban, maka bukan pada saat itu juga otot Anda akan tumbuh.

Sangat penting untuk memenuhi kebutuhan protein Anda sebelum dan setelah latihan. Karena pada saat inilah otot Anda akan pulih dan berkembang.

Cara untuk memaksimalkan protein sebagai pembentuk otot, penting diketahui bahwa Anda bukan hanya harus cukup makan, tapi juga makan lebih sering.

Ingat, jumlah massa otot Anda dapat memilik dampak pada tingkat metabolisme tubuh. Dan sebagai cara meningkatkan metabolisme tubuh, akan masuk akal jika Anda memprioritaskan konsumsi protein dalam jumlah yang cukup setiap harinya.

Makanan sumber protein antara lain ikan-ikanan, daging, daging ayam, tempe, atau susu.

Jika kebutuhan protein kurang mencukupi, Anda bisa tambahkan melalui suplemen seperti Prostar 100% Whey Protein dari Ultimate Nutrition untuk bantu dongkrak metabolisme tubuh Anda.

4. Jangan Selamanya DIET

cara meningkatkan metabolisme tubuh

Mengatur pola makan (diet) memang sah-sah saja dan baik untuk kesehatan Anda. Namun yang diartikan diet adalah diet seimbang, bukan semata-mata karena ingin turunkan berat badan.

Lantaran ingin segera dapatkan bentuk tubuh ideal, Anda sepanjang waktu melakukan diet dengan menurunkan kaloris secara drastis, atau bahkan Anda sering tidak makan sama sekali.

Padahal itu sangat TIDAK DISARANKAN.

Ya, melakukan diet seperti itu sepanjang waktu akan memperburuk metabolisme tubuh Anda.

Ketika Anda berdiet, maka tubuh akan berusaha mengkonversi energi yang kemudian dapat menekan metabolisme Anda.

Nah, salah satu cara meningkatkan metabolisme tubuh adalah dengan mem-variasikan diet Anda.

Setelah Anda berdiet, maka Anda dapat memanfaatkan waktu sesekali untuk tidak berdiet (cheating day).

Hal ini akan memberikan waktu yang cukup untuk mengembalikan metabolisme tubuh Anda seperti semula dan ini dapat berpotensi meningkatkan massa otot.

Selain itu, cara meningkatkan metabolisme tubuh dengan langkah ini akan membuat Anda tidak bosan dalam menerapkan pola hidup sehat, dalam arti melakukan diet dengan gizi seimbang.

Semakin lama Anda memperbaiki defisit kalori, maka semakin baik dampaknya dapat meningkatkan massa otot dan pada akhirnya dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Melalui Makanan

cara meningkatkan metabolisme tubuh

Seperti yang telah disebutkan di atas, selain melalui latihan yang intens, mendongkrak metabolisme juga bisa dilakukan melalui makanan.

Mengapa meningkatkan metabolisme sangat penting? Hal ini tentu saja untuk mendukung apapun program fitnes Anda, baik Anda yang ingin turunkan berat badan atau muscle building.

Berikut ini beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi sebagai cara meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

1. Biji Labu
Biji labu merupakan makanan yang mengandung protein tinggi. Dan makanan yang berprotein tinggi tentu saja akan dapat mendongkrak metabolisme tubuh.

Selain protein, biji labu juga mengandung phytosterols yang dapat membantu mengurangi kolesterol jahat.

Jika Anda kesulitan untuk mendapatkan sumber protein lain seperti kacang-kacangan, Anda juga bisa memanfaatkan biji labu dalam hidangan.

2. Rebung
Makanan khas masyarakat Indonesia ini merupakan sumber makanan rendah kalori dan tinggi serat sehingga baik untuk mengontrol tingkat metabolisme tubuh Anda.

Selain itu, rebung juga mengandung banyak antioksidan yang membantu tubuh Anda memerangi radikal bebas penyebab kanker.

Saran penyajian, Anda bisa mencampur rebung pada salad ataupun sup.

3. Buah Bit
Buah ini masuk dalam kategori umbi-umbian yang kaya akan asam folat yang dapat menekan asam amino untuk menurunkan risiko gangguan penyakit jantung.

Buah bit juga mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, vitamin B6, zat besi, dan magnesium sehingga baik untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

4. Bayam Merah
Sayuran ini sangat kaya akan potassium yang fungsinya dapat mencegah kram pada otot sekaligus menyeimbangkan kadar elektrolit tubuh.

Untuk mengonsumsi bayam jenis ini, Anda bisa mencincang bayam, lalu menambahkan beberapa tetes olive oil. Akan lebih enak jika Anda sajikan bersama pasta ataupun nasi merah.

5. Buah Kiwi
Buah ini sangat identik dengan negara Selandia Baru.

Dan buah ini sangat baik untuk menjaga metabolisme tubuh.

Pun demikian, kualitas dari buah kiwi dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C yang tinggi. Bahkan, kandungan vitamin C di buah ini lebih banyak daripada jeruk, anggur, atau stroberi.

Bagaimana, apakah artikel 4 cara meningkatkan metabolisme tubuh ini dapat membantu program fitnes Anda?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes