cara alami meningkatkan testosteron

Cara Alami Meningkatkan Hormon Testosteron

Bagaimana cara alami meningkatkan hormon testosteron yang mana sangat penting untuk perkembangan otot?

Hormon testosteron rasanya sudah tidak asing lagi bagi Anda penggemar dan pecinta fitnes.

Selain membantu meningkatkan perkembangan otot, hormon testosteron juga penting untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis. Bahkan, beberapa sumber menyebut jika hormon ini juga turut berperan dalam peremajaan pembuluh darah.

Namun, produksi hormon testosteron akan menurun seiring dengan bertambahnya usia.

Meski begitu, bukan berarti Anda tidak bisa menjaga kadar hormon testosteron Anda tetap aman.

Selain dengan suplementasi yang sudah tersedia di pasaran, Anda juga bisa menggunakan cara alami lainnya. Berikut ini beberapa cara alami meningkatkan hormon testosteron dalam tubuh Anda.

1. Cara Alami Meningkatkan Hormon Testosteron dengan Makan Makanan Berlemak

cara alami meningkatkan testosteron

Mungkin beberapa dari Anda masih kontradiksi dengan cara ini.

Beberapa diantaranya beranggapan bahwa asupan lemak justru dapat mengganggu program pembentukan otot.

Memang bisa disebut seperti itu, namun dengan catatan bila mengonsumsi lemak secara ‘brutal’. Maksudnya adalah mengonsumsi segala jenis makanan berlemak, termasuk seperti gorengan.

Inilah yang salah.

Tidak semua lemak ‘jelek’ bagi program diet Anda. Begitupun dalam hal merangsang produksi hormon testosteron.

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kadar hormon testosteron Anda secara alami adalah dengan meningkatkan asupan lemak dalam diet Anda.

Meski begitu, tidak semua lemak wajib Anda konsumsi. Melainkan Anda harus bijak dalam memilih jenis lemak.

Jenis lemak seperti lemak trans sangat perlu DIHINDARI.

Untuk meningkatkan hormon testosteron, Anda bisa mengonsumsi sumber lemak jenuh (saturated fat) dan tak jenuh (unsaturated fat).

Untuk saturated fat, Anda bisa mengonsumsinya dari daging merah, telur, atau minyak kelapa (coconut oil).

Sementara untuk lemak tak jenuh bisa konsumsi makanan seperti kacang-kacangan, almond, alpukat, atau minyak zaitun.
Dari beberapa penelitian memang disarankan untuk mengonsumsi makanan dari lemak baik untuk bantu tingkatkan hormon testosteron.

Namun yang penting dilakukan adalah untuk tetap memantau asupan lemak Anda karena peningkatan asupan lemak juga akan menyebabkan peningkatkan asupan kolesterol.

Sebelum jauh mengenai hal itu, maka jika kadar kolesterol Anda sudah tinggi sebelumnya, maka akan sangat baik apabila dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk menambah asupan lemak.

Tentu saja ini adalah salah satu cara alami meningkatkan hormon testosteron yang sangat mudah untuk Anda lakukan.

2. Dengan Memangkas Kadar Lemak Tubuh Berlebih

cara alami meningkatkan testosteron

Cara alami meningkatkan hormon testosteron lainnya adalah dengan mengurangi kadar lemak tubuh.

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa tingkat lemak tubuh yang tinggi dapat menyebabkan hormon testosteron menurun atau lebih rendah.

Dengan demikian bisa dikatakan bahwa semakin rendah kadar lemak dalam tubuh, maka semakin tinggi kadar hormon testosteron Anda.

Tapi, perlu diingat bahwa untuk mengurangi lemak tubuh, Anda perlu mengonsumsi makanan dalam defisit kalori. Dan ini juga dapat berpotensi otot menyusut.

Untuk mencegah ini terjadi, maka Anda harus melakukan apa yang akan ada pada poin ketiga.

3. Berlatih Angkat Beban

cara alami meningkatkan testosteron

Ya, angkat beban atau latihan beban memang sangat disarankan bagi Anda yang ingin membentuk tubuh lebih berotot dan ideal.

Dan pastinya, latihan beban juga akan membantu mencegah penyusutan otot apabila diimbangi dengan asupan nutrisi yang memadai.

Dan kabar baiknya adalah menurut hasil penelitian, mengangkat beban adalah cara utama untuk membantu meningkatkan hormon testosteron Anda.

Masih menurut penelitian, produksi hormon testosteron yang paling tinggi adalah 48 jam setelah latihan beban.

Karena itulah, apabila Anda semakin menunda untuk segera berlatih angkat beban, maka akan semakin rendah produksi hormon testosteron Anda.

Sebaliknya, jika sudah rutin untuk berlatih beban, maka produksi testosteron akan meningkat. Bukan hanya itu, kesehatan tubuh secara keseluruhan juga akan meningkat.

4. Singkirkan Minuman Beralkohol

cara alami meningkatkan testosteron

Sejatinya memang kebiasaan ini sangat buruk untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, tak terkecuali dalam hal produksi hormon testosteron.

Hasil studi menunjukkan bahwa konsumsi alkohol dapat mengurangi kadar testosteron tubuh selama 24 jam. Belum cukup, produksi hormon pertumbuhan (growth hormone) produksinya juga akan turun jika terbiasa mengonsumsi minuman ini.

Selain itu, hormon kortisol akan meningkat yang justru dapat menyebabkan stres. Dan menurut penelitian dari University of Texas tahun 2014 lalu menyebutkan, stres dapat mengganggu produksi hormon testosteron.

Jadi pada intinya, akan lebih baik untuk menjauhkan Anda dari kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol. Selain mengganggu produksi hormon testosteron yang penting bagi Anda, juga sangat merugikan untuk kesehatan tubuh Anda.

5. Cara Alami Meningkatkan Hormon Testosteron dengan Tidur?

cara alami meningkatkan testosteron

Konsep tidur lebih banyak bukan berarti seharian waktu Anda habiskan hanya dengan tidur. BUKAN.

Tidur lebih banyak di sini berarti Anda mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.

Artinya, kurang tidur dapat mempengaruhi hormon Anda melalui berbagai cara, yang pada gilirannya akan mempengaruhi juga pada produksi hormon testosteron Anda.

Waktu tidur yang disarankan (pada malam hari) adalah berkisar 7-8 jam.

Meskipun demikian, Anda juga tetap harus memperhatikan aspek lain seperti diet dan program latihan Anda karena kombinasi ketiganya sangat baik bagi kesehatan Anda.

Belum lagi tubuh akan memproduksi hormon pertumbuhan ketika tidur, yang selanjutnya akan membantu Anda untuk membangun lebih banyak massa otot.

6. Menambahkan Asupan Creatine

cara alami meningkatkan testosteron

Cara alami meningkatkan hormon testosteron lainnya adalah dengan mengonsumsi makanan sumber creatine.

Dengan mengonsumsi sumber makanan creatine seperti daging merah, akan dapat membantu meningkatkan hormon testosteron hingga 20-25%.

Pastinya akan sangat baik bila Anda menambahkan asupan creatine dalam bentuk suplemen yang banyak tersedia. Untuk suplemen creatine, Anda disarankan mengonsumsinya sebanyak 5-10 gram per harinya.

Bagaimana, apakah artikel cara alami meningkatkan hormon testosteron ini dapat membantu Anda? Jangan lupa berikan komentar Anda di bawah ya..

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes