program pembentukan otot

Pastikan 10 Makanan ini Ada Dalam Program Pembentukan Otot Anda

Yang tak kalah penting selain latihan dalam program pembentukan otot adalah nutrisi dari makanan. Nah, ini adalah 10 makanan yang WAJIB ada dalam program Anda.

Latihan..latihan..dan latihan.

Latihan, baik latihan beban maupun latihan kardio, adalah kunci utama dalam program pembentukan otot. Jika Anda ingin membentuk bagian otot manapun, maka Anda akan disarankan untuk angkat beban.

Tapi apakah cukup hanya latihan? TIDAK!

Yang WAJIB Anda penuhi selanjutnya adalah asupan nutrisi, terutama protein. Ini karena protein merupakan makanan utama bagi otot Anda.

Pemenuhan asupan protein yang tepat akan dapat mempercepat program pembentukan otot Anda. Bukan hanya protein, nutrisi-nutrisi lain juga perlu Anda penuhi agar program Anda berjalan dengan maksimal.

Lalu makanan apa saja yang seharusnya dikonsumsi ketika Anda ingin membentuk otot dengan cepat?

1. Daging Sapi, Makanan Wajib Dalam Program Pembentukan Otot

program pembentukan otot

Daging sapi adalah salah satu sumber terbaik untuk program pembentukan otot. Ini dikarenakan daging sapi memiliki makronutrisi, protein, yang cukup tinggi.

Dalam setiap 5 ons, daging sapi mengandung 340 kalori, 38 gram protein, dan 20 gram lemak.

Dalam daging sapi juga terdapat beberapa asam amino yang berkaitan dengan cara insulin mendorong pengiriman protein dari darah ke dalam otot, yang mana ini sangat penting dalam program pembentukan otot.

Selain itu, daging sapi juga mengandung mineral dan vitamin penting seperti vitamin B, Zat Besi, dan Seng. Daging sapi juga mengandung Conjugated Linoleic Acid (CLA), yang mana dapat mendorong pertumbuhan massa otot.

2. Nasi Merah

Meski berperan secara tidak langsung, namun nasi merah memiliki peranan cukup penting dalam program pembentukan otot. Ini karena nasi merah mengandung karbohidrat lambat serap.

Tentu saja dengan konsumsi nasi merah yang cukup, dapat memberikan tubuh kita energi yang cukup selama beraktivitas sepanjang hari. Dan ini akan akan dapat membuat Anda berlatih dengan intensif tanpa takut cepat kehabisan tenaga.

Pada gilirannya nanti, nasi merah akan membantu meningkatkan hormon pertumbuhan, dimana hormon ini sangat penting untuk program pertumbuhan otot.

3. Jangan Tinggalkan Telur dalam Program Pembentukan Otot

program pembentukan otot

Dapat dikatakan, telur merupakan sumber protein yang sempurna. Dalam telur (putih telur) mengandung banyak asam amino (amino acids) yang sangat penting dalam program pembentukan otot Anda.

Telur juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting untuk mendukung metabolisme serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Dalam telur juga terdapat lemak baik sehingga dapat membantu mengontrol kolesterol darah serta kesehatan tubuh secara menyeluruh.

4. Daging Ayam

Hampir sama dengan daging sapi, daging ayam juga merupakan salah satu makanan sumber protein yang fantastis. Kandungan protein dalam daging ayam akan membantu mempercepat proses recovery (pemulihan pasca latihan) dan tentu saja dapat mendukung perkembangan otot Anda.

Dalam lima ons daging ayam mengandung 230 kalori, 47 gram protein dan 5 gram lemak.

Dengan pemilihan jenis olahan daging ayam yang tepat (dibakar atau direbus), maka Anda akan bisa mendapatkan nutrisi yang baik dan pastinya bermanfaat bagi program pembentukan otot Anda.

5. Oats

Oat adalah makanan yang mengandung karbohidrat dengan indeks glikemik (IG) yang rendah. Oat mengandung karbohidrat lambat serap sehingga mampu memberikan tubuh Anda energi yang lebih untuk beraktivitas sepanjang hari.

Oat yang sedikit melewati masa olahan mengandung serat yang cukup tinggi. Ini (serat) juga akan membantu memberikan kesehatan pada usus dan sistem pencernaan Anda.

Serat yang tinggi juga dapat memberikan Anda sinyal kenyang sehingga sangat baik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan maupun Anda yang ingin membentuk otot lean.

6. Ikan Salmon

program pembentukan otot

Makanan yang mengandung tinggi protein lain adalah jenis ikan-ikanan, khususnya ikan salmon. Selain protein yang tinggi, ikan jenis ini juga mengandung omega 3 yang mana baik program pembentukan otot serta meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Nutrisi penting lain juga ada dalam ikan salmon seperti vitamin D, vitamin yang berperan cukup penting dalam pembentukan serat otot baru.

7. Ubi

Makanan selanjutnya yang bisa dimasukan dalam list program pembentukan otot adalah ubi. Segala macam jenis sayuran mengandung karbohidrat, tak terkecuali pada ubi.

Hampir sama seperti Oats, ubi juga mengandung karbohidrat lambat serap dengan indek glikemik yang rendah, serta mengandung serat yang cukup tinggi. Tentu saja ini akan membantu memberikan kesehatan usus dan sistem pencernaan tubuh Anda.

Selain itu, Ubi juga memiliki sejumlah vitamin penting seperti vitamin A dan vitamin B, kedua vitamin yang berperan penting sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

8. Susu

program pembentukan otot

Dan yang sebaiknya jangan terlewat dalam program pembentukan otot adalah susu. Susu mengandung protein yang tinggi serta 8 asam amino esensial yang dibutuhkan oleh otot tubuh Anda.

Dalam susu juga mengandung lemak yang berkontribusi meningkatkan hormon pertumbuhan yang selanjutnya dapat membantu perkembangan otot tubuh Anda.

9. Keju

Keju merupakan produk olahan susu yang dihasilkan dari proses koagulasi protein susu casein. Dibandingkan dengan susu, keju mempunyai umur simpan yang panjang, kadar lemak dan protein yang tinggi, serta kalsium dan fosfor yang cukup tinggi.

Selain itu, keju juga mengandung vitamin CLA dan vitamin B. Kombinasi vitamin B dan kalsium yang tinggi sangat baik untuk meningkatkan kekuatan tulang Anda.

10. Greek Yogurt

Greek yogurt merupakan susu fregmentasi yang kaya akan protein. Protein, tentu saja sangat vital perannya bagi program pembentukan otot yang Anda lakukan. Karena protein merupakan makanan utama bagi otot.

Apakah makanan-makanan di atas sudah ada dalam program Anda? Lets Workout..

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes