pemulihan otot setelah latihan

Selain Protein, Nutrisi Ini Juga Tak Kalah Penting untuk Otot Anda

Protein adalah nutrisi utama yang harus diperhatikan ketika program pembentukan otot Anda. Tapi apa sudah cukup hanya dengan protein? Bagaimana dengan karbohidrat?

Karbohidrat

Karbo, istilah dari karbohidrat sudah begitu dikenal oleh masyarakat. Di mana-mana banyak dijumpai makanan yang mengandung karbo. Bahkan, kita pun sering mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Namun, makanan yang mengandung karbo ini lebih sering diasumsikan kurang baik. Padahal bukan demikian dan justru akan sangat mendukung program fitnes Anda.

Jika Anda melihat lebih jauh tentang informasi gizi, terutama karbo, cepat atau lambat Anda akan mengenal istilah karbohidrat yang baik dan buruk.

Seperti apa karbohidrat yang baik dan buruk? Makanan apa saja yang mengandung karbohidrat?

Lalu, apakah peran karbohidrat untuk tubuh Anda?

Mengapa Tubuh Memerlukan Karbohidrat?

karbohidrat

Karbo merupakan salah satu sumber energi tubuh selain protein dan lemak (makronutrien). Pada dasarnya, karbohidrat berperan penting untuk menjaga pasokan energi, metabolisme lemak tubuh, mempengaruhi kadar gula, serta mengatur rasa kenyang.

Adapun fungsi penting karbohidrat antara lain;
1. Optimalkan Fungsi Protein
2. Mengatur Metabolisme Lemak
3. Pemanis Alami
4. Melancarkan Pencernaan
5. Membantu Metabolisme Tubuh

Mengenal Lebih Dekat dengan Karbohidrat

Banyak sekali jenis makanan yang menjadi sumber karbohidrat. Untuk mengetahui lebih jelasnya, Anda dapat menyimak video berikut:

Karbohidrat Sederhana itu Selalu Buruk?

Ada dua jenis karbohidrat, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana biasanya digeneralisasikan dengan nutrisi yang kurang baik bagi tubuh. Bahkan, banyak makanan disebut buruk karena kandungan karbohidrat sederhana. Buah misalnya. Beberapa jenis buah memang mengandung karbohidrat sederhana, tetapi tidak seburuk yang diasumsikan

Karbohidrat hanyalah salah satu bagian kecil dari buah. Banyak nutrisi lain yang tak kalah penting bagi tubuh juga terkandung dalam buah. Karena itu, jangan menganggap bahwa semua makanan yang mengandung karbohidrat dianggap menjadi makanan yang buruk.

>> Cermat Memilih Sumber Karbohidrat Langsingkan Tubuh Lebih Cepat <<

Apa Kelemahan Karbohidrat Sederhana?

Karbohidrat sederhana dapat mencapai darah secara langsung dan cepat karena sifatnya adalah sumber energi yang cepat diolah tubuh. Itulah kenapa makanan yang mengandung karbohidrat sederhana dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat sederhana, dapat meningkatkan insulin dalam tubuh yang mana dapat menghilangkan gula dalam darah sehingga dapat menurunkan kadar gula darah secara drastis. Pada akhirnya, kondisi ini dapat menyebabkan kelelahan, lemah, kurang konsenstrasi, dan cepat merasa lapar.

Karbohidrat Kompleks, Pasokan Energi Tetap Terjaga

Karbohidrat jenis ini biasanya juga disebut dengan karbohidrat lambat serap karena memerlukan waktu yang lama (dibanding karbohidrat sederhana). Sehingga, tingkat glukosa darah meningkat secara perlahan. Akibatnya, sekresi insulin tidak begitu eksplosif dan juga pasokan energi tubuh terjaga.

karbohidrat

Sumber makanan yang termasuk karbohidrat kompleks antara lain antara lain sayuran hijau, produk gandum, nasi merah, oatmeal, dan kacang-kacangan.

Jangan Hanya Protein, Perhatikan Juga Karbohidrat

Untuk membantu program pembentukan tubuh Anda, protein adalah nutrisi utama yang harus dipenuhi. Memang, asupan protein harus tercukupi, namun jangan lupa juga bahwa kebutuhan akan karbohidrat juga harus tercukupi. [Baca Juga: Ini Sebabnya Diet Rendah Karbohidrat Jarang Berhasil]

Selama melakukan latihan, tubuh akan menghabiskan sumber energi utama tubuh, karbohidrat. Karbohidrat ini didapat dalam bentuk glikogen yang disimpan dalam otot. Karena itu, sangat penting untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat, terutama sebelum dan setelah latihan untuk mensuplai kebutuhan glikogen tubuh Anda.

So, jika Anda ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal, langkah yang paling perlu diperhatikan adalah mengatur pola makan dan latihan rutin. Selain itu, perhatikan juga waktu istirahat dan suplementasi yang tepat untuk mendukung hasil diet dan latihan Anda. Semoga membantu. (ctr)

BACA JUGA: Tak Ingin Disepelekan, Pria ini Sukses Turunkan Berat Badan Hingga 43 Kg

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes