dampak masturbasi

Selain Kebotakan, Masturbasi Dapat Sebabkan Otot Kendur

Beberapa pria sering melakukan masturbasi, terutama jika dirinya tak bisa mendapat kepuasan dalam sesi bercinta, atau karena kesepian tak memiliki pasangan hidup.

MASTURBASI
Masturbasi sendiri adalah perangsangan seksual yang dilakukan secara sengaja di organ kelamin untuk memperoleh kenikmatan seksual. Sampai saat ini, masturbasi masih menjadi perdebatan. Banyak pakar kesehatan yang menyebutkan bahwa melakukan masturbasi tidaklah berbahaya dan tak akan membuat sperma menjadi habis.

Meski tak memberikan pengaruhnya secara langsung, masturbasi tetaplah berdampak pada kadar hormon testosteron. Testoseron adalah hormon steroid yang diproduksi testis pada pria dan di ovarium pada wanita yang mempunyai fungsi androgenik dan anabolik.

Rendahnya kadar testoseron pada pria bisa menyebabkan berbagai gangguan, baik fisik maupun psikis. Salah satunya yakni dengan berkurangnya rambut di tubuh, gangguan ereksi, berkurangnya massa otot, hingga mempengaruhi kualitas kesuburan.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan penurunan hormon testosteron:

Siklus Hormonal
Menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of Zhejiang University, ejakulasi yang dihasilkan dari masturbasi akan mengganggu siklus hormonal. Ejakulasi yang diikuti dengan absen selam 6 hari akan menyebabkan kadar hormon testosterone pada hari ke-7 meningkat pesat, sampai 146 persen.

Level Naik
Sebuah studi pada tahun 2010 menyebutkan, kadar testosterone akan meningkat selama hubungan seks atau masturbasi. Namun, penelitian lain membuktikan bahwa kadar testosterone setelah melakukan masturbasi sedikit lebih tinggi, terutama pada pria berusia muda.

Menurunkan Level Testosteron
Berdasarkan berita yang dilansir oleh situs Ask Men, pria yang setiap hari melakukan masturbasi memiliki level testosteron lebih sedikit sehingga hasrat mereka untuk bercinta ikut redup.

Selain menyebabkan dampak yang negatif, ternyata masturbasi juga dapat mengganggu siklus hormonal. Bagaimanapun juga, melakukan suatu hal yang bermanfaat lebih mempunyai dampak baik bagi kehidupan. Jadi, semuanya kembali kepada Anda. (gie)

BACA JUGA: Ini Dia Cara Terbaik Menangkal Ejakulasi Dini Pada Pria!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes