latihan otot perut

4 Otot Perut Yang Wajib Anda Ketahui!

Kebanyakan pria menginginkan bentuk perut sixpack yang sempurna. Keindahan perut sixpack bukan hanya dilihat saat Anda mengenakan pakaian renang saja. Setiap otot perut memang mempunyai fungsi dan tujuannya sendiri, akan tetapi sebagai kesatuan otot di dalam perut otot-otot tersebut pada dasarnya berfungsi untuk melindungi tulang belakang dan memberikan postur atau bentuk bagi tubuh.

latihan otot perut

Lihatlah kebanyakan orang yang berjalan tegak akan mengaktifkan otot-otot di bagian perutnya untuk hal tersebut. Jadi, bagaimana Anda bisa mendapatkannya? Mempelajari fungsi otot-otot perut akan memberikan Anda pengetahuan baru tentang bagaimana otot tersebut berkembang dan latihan apa yang baik untuk otot itu. Dan yang pasti, diet sehat dan latihan yang benar juga merupakan faktor penting untuk dapatkan perut sixpack. Berikut ini kami menyajikan informasi tentang 4 otot penting dalam perut dan bagaimana melatihnya. Sebelum melakukan latihan, Anda membutuhkan bola latihan untuk meningkatkan ketahanan karena ketika Anda melatih bagian tubuh yang tidak stabil seperti perut, Anda akan mengaktifkan lebih banyak jaringan otot.

Rektus Abdominus

Rektus abdominus adalah otot yang dangkal dari semua otot perut, yang berarti otot ini berada di bagian paling atas daripada otot-otot lainnya. Otot ini terbentang secara vertikal di tubuh bagian depan dan memiliki peran utama untuk meregangkan tubuh ke depan. Dan ketika otot ini tumbuh, maka ia akan berkembang ke luar. Dan jika persentase lemak di tubuh Anda rendah, maka otot ini akan menampilkan bentuk sixpack perut Anda. Dan jika lapisan lemak Anda lebih tinggi, maka otot ini akan tidak terlihat.

latihan otot perut

Latihan-latihan yang mengontraksi dan melenturkan tulang belakang akan sangat berguna bagi otot rektus abdominus. Tempatkan tilang kering Anda di atas bola latihan, dan berjalanlah dengan tangan Anda pada posisi plank. Gunakan kekuatan inti tubuh Anda, dan bentuk pinggul hingga menyerupai bentuk V. Setelah melakukan satu putaran bola, lanjutkan dengan mendorong bola latihan Anda kembali ke posisi awal, masih sama dalam posisi plank. Lakukan sebanyak 15 repetisi.

Abdominus Melintang (Transverse Abdominus)

Saat rektus abdominus berfungsi untuk meregangkan atau menekuk tulang belakang, otot abdominus melintang ini berfungsi untuk menstabilkan tulang belakang. Otot ini membungkus semua bagian perut dan paling internal di antara otot-otot inti lainnya. Fungsi utamanya adalah untuk menstabilkan panggul dan punggung sebelum menggerakkan tubuh. Terlepas dari jumlah lemak pada tubuh Anda, dengan melatih otot ini akan membantu meratakan perut sehingga Anda akan nyaman dalam berpakaian.

latihan otot perut

Kunci untuk melatih otot ini adalah dengan menjaga inti tubuh agar tetap stabil. Plank merupakan salah satu latihan terbaik. Anda bisa melakukan latihan pada otot ini dengan forward swiss ball roll. Anda bisa memulainya dengan membuat lengan Anda berlutut di atas bola latihan dengan kaki diregangkan keluar dengan lurus. Perlahan-lahan, gelindingkan bola ke depan dengan tangan Anda dan tarik napas dalam-dalam kemudian buang napas. Lengan Anda bergerak, akan tetapi inti tubuh tidak boleh bergerak. Lengkapi gerakan ini hingga 15 repetisi.

Internal Obliques

Internal obliques terletak di bawah obliques (otot yang tidak sejajar atau tegak lurus terhadap sumbu panjang tubuh atau anggota tubuh) eksternal dan di atas otot-otot abdominus melintang. Otot ini memungkinkan Anda untuk menekuk dari sisi yang satu ke sisi yang lain serta membuat Anda dapat memutar tubuh. Menjaga otot ini agar tetap kuat dapat membantu Anda mempertahankan pinggang yang ramping, memperbaiki postur tubuh, dan juga membantu menjaga kesehatan Anda.

latihan otot perut

Anda bisa melakukan latihan pada otot ini dengan swiss ball crunches with leg raises. Pertama-tama, posisikan punggung belakang Anda di atas bola latihan (bola dibuat datar pada satu sisi) dengan kedua kaki di lantai dan lengan membentang di atas kepala. Buang napas dan angkat kaki kiri dan lengan kanan hingga menyentuh satu sama lainnya dan kembalilah ke posisi awal. Lakukan hingga 15 repetisi dan ulangi di sisi yang berlawanan.

External Obliques

Oblique eksternal adalah sepasang otot yang lebar, tipis, dan otot dekat kulit yang terletak di sisi tubuh Anda. Otot ini juga berada di atas otot internal obliques. Otot ini sangat dikenal “para pemburu sixpack” karena fleksi lateral, rotasi, arah serat otot yang dapat bekerja secara diagonal di sisi perut.

latihan otot perut

Anda bisa melakukan latihan pada otot ini dengan torso twist on swiss ball. Melakukan gerakan torso twist akan membuat otot oblique eksternal Anda bekerja karena gerakan rotasi tubuh. Baringkan punggung Anda pada bola latihan dan peganglah dengan kedua tangan bersamaan satu dumbbell. Kemudian mulailah untuk memutar tubuh ke kanan dan kembali ke posisi awal. Pastikan bahwa inti tubuh Anda juga aktif bergerak secara perlahan. Lakukan sebanyak 20 repetisi pada sisi kanan dan ulangi di sisi kiri.

Dengan mengetahui beberapa otot perut beserta fungsi dan tujuannya, diharapkan Anda dapat menemukan latihan perut lain yang dapat membantu membentuk perut sixpack yang menawan. (mee)

BACA JUGA: Super Fly, Latihan Pembentuk Dada Agar Bidang dan Tegap

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes