membuat perut sixpack

6 Kesalahan Saat Membuat Perut Sixpack

Membuat perut sixpack memang gampang-gampang susah. Namun sebaiknya hindari 6 kesalahan yang sering dilakukan ini saat ingin menonjolkan pahatan sixpack.

Berlatih dengan keras adalah kunci utama yang harus dilakukan ketika ingin membentuk perut sixpack.

Pastinya latihan yang sudah dilakukan dengan keras harus diimbangi dengan aspek lain seperti pemenuhan asupan nutrisi dan juga waktu istirahat. Bila perlu tambahkan suplementasi untuk menunjang program pembentukan perut sixpack.

Namun, tidak sedikit muncul pertanyaan, “sudah latihan setiap hari tapi kenapa perut sixpack masih tidak terlihat?”

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, latihan memang menjadi kunci utama dan perlu dilakukan ketika ingin memunculkan pahatan perut sixpack. Tapi tidak cukup hanya dengan berlatih saja, masih ada beberapa hal lain.

Kesalahan seperti ini cukup sering dilakukan oleh pelaku fitnes, terutama fitnes mania pemula yang sudah tak sabar mendapatkan perut sixpack idaman mereka.

Berikut ini beberapa kesalahan yang cukup sering dilakukan sehingga pahatan perut sixpack masih sulit untuk terlihat.

1. Pemilihan Latihan untuk Membuat Perut Sixpack yang ‘Ngawur’

membuat perut sixpack

Ini adalah salah satu kesalahan yang umum dilakukan, terlebih bagi mereka fitnes mania pemula.

Ketika masih baru dan sangat berhasrat untuk segera mendapatkan otot perut sixpack idaman, biasanya mereka akan berlatih dengan intens dan seolah-olah berlatih tanpa henti. Dan tidak sedikit dari mereka hanya memilih latihan yang sudah populer sebelumnya.

Misalnya crunch maupun sit up. Kedua latihan tersebut memang sangat populer dan terbukti dapat membantu seseorang ketika ingin membuat perut sixpack. Para pemula hampir pasti akan melakukan kedua latihan tersebut.

Tapi apakah cukup hanya dengan melakukan sit up dan crunch? TIDAK.

Jika hanya melakukan latihan itu dan terlalu sering, justru bisa jadi bumerang. Membentuk perut sixpack hanya akan jadi angan-angan.

Solusinya adalah jangan hanya melakukan kedua latihan tersebut untuk memunculkan pahatan perut sixpack. Bukannya mengatakan bahwa sit up maupun crunch tidak efektif, namun ada beberapa latihan lain yang bisa dilakukan dan cukup aman.

Salah satunya adalah Plank. Latihan ini sangat mudah dilakukan dan menargetkan otot perut. Banyak variasi gerakan dari plank ini yang bisa dilakukan.

2. Latihan yang Membosankan

membuat perut sixpack

Artinya, setiap kali berangkat ke gym, hanya latihan itu-itu saja yang selalu dilakukan. Entah itu sit up, crunch, plank, dan lain-lain.

Apabila gerakan dan volume latihan yang sama dilakukan berulang-ulang dalam waktu yang lama, maka usaha yang dilakukan tidak akan menunjukkan perkembangan berarti.

Asumsi para fitnes pemula yang menginginkan perut sixpack mereka terlihat adalah dengan melakukan latihan sit up. Dan itu harus dilakukan berkali-kali dengan volume yang sama. SALAH!

Tubuh akan menyesuaikan diri dengan latihan yang sudah beberapa kali dilakukan. Yang berarti, setelah itu tubuh tidak akan berbuat banyak meskipun masih aktif berlatih dengan gerakan tersebut.

Begitu pula dengan otot perut. Mereka membutuhkan latihan keras seperti dengan melakukan beberapa gerakan latihan yang menargetkan otot lain. Karena itu, untuk Anda fitnes mania pemula yang ingin melihat perkembangan yang kontinyu, maka hentikan program latihan yang sama dalam waktu yang lama. Mulai ajak tubuh Anda untuk lebih tertantang dengan gerakan dan volume latihan yang baru.

Secara berkala perbaiki jenis latihan perut agar lebih menantang. Bisa dimulai dengan melakukan gerakan latihan yang sedang trend seperti menggunakan TRX atau latihan lain yang lebih variatif.

3. Terlalu Sering Berlatih dan Melupakan Istirahat

membuat perut sixpack

Apa yang terlintas jika ingin membentuk perut sixpack? Latihan, latihan, dan latihan.

Ya, tidak salah jawaban di atas. Latihan memang menjadi kunci utama selain mengatur pola makan ketika menginginkan pahatan sixpack terlihat.

Namun ini juga bisa menjadi senjata makan tuan apabila mengubah asumsi seseorang menjadi, ‘latihan yang berat dan melelahkan akan mendapat hasil yang lebih baik,’.

Padahal, otot berkembang justru ketika tubuh beristirahat. Apabila latihan terlalu sering dan dengan volume yang luar biasa berat, maka bisa membuat tubuh kelelahan.

Jadi pastikan bahwa tubuh juga mendapatkan waktu istirahat yang cukup untuk pulih dan berkembang.

Cara terbaiknya adalah mengatur dan fokus pada latihan yang telah diprogramkan. Untuk latihan perut, bisa berlatih dengan gerakan isolation selama 10-15 menit selama 1-2 kali per minggu. Istirahatkan otot yang telah dilatih tersebut selama kurang lebih 48 jam baru kemudian berlatih lagi.

Kombinasikan dengan istirahat yang cukup serta asupan nutrisi yang tepat sehingga otot cepat pulih dan berkembang sesuai dengan apa yang diinginkan.

4. Tanpa Memperhatikan Presentasi Kadar Lemak Saat Ingin Membuat Perut Sixpack

membuat perut sixpack

Hal ini sepertinya sudah cukup sering menjadi bahan artikel tentang sixpack. Yaitu mengapa pahatan perut sixpack masih tidak terlihat?

Salah satu penyebabnya adalah kadar lemak yang menumpuk terutama di area perut masih cukup tinggi. Ketika presentasi lemak masih tinggi, praktis otot sixpack tidak akan terlihat.

Kesalahan yang sering dilakukan adalah mereka (pelaku fitnes) masih kurang memperhatikan ini. Jika ingin sixpack terlihat, maka presentase kadar lemak tubuh sebaiknya di bawah 12 persen.

Solusinya adalah dengan mulai menerapkan program latihan yang komprehensif dengan menargetkan seluruh kelompok otot pada tubuh, tidak hanya berfokus pada otot perut.

Mulai melakukan latihan kardio sebagai pembakaran lemak serta mengonsumsi makanan-makanan yang sehat. Hindari makanan olahan yang mengandung gula tinggi, usahakan diet tinggi protein, lemak sehat, serta konsumsi karbohidrat yang cukup.

Kombinasi sempurna di atas akan membantu pemangkasan kadar lemak yang cukup signifikan dalam tempo yang singkat.

Untuk mengetahui kadar lemak ini, Anda yang masih pemula dapat meminta bantuan fitness trainer atau seseorang yang sudah ahli dalam bidang fitnes. Atau juga bisa melalui alat ukur kadar lemak seperti omron fat loss monitor.

5. Terlalu Percaya dengan Slogan ‘YANG PALING CEPAT’

membuat perut sixpack

Pada saat sekarang, kita akan terus dibombardir oleh iklan-iklan baik di media konvensional (televisi, koran) maupun sosial media, tentang cara membentuk perut sixpack dengan cepat.

Seolah-olah hal ini bisa membentuk opini bahwa hanya dengan produk-produk tersebutlah kita akan mendapatkan perut sixpack secara cepat. Ketergantungan pada iklan model diet, pakaian, atau suplemen bisa jadi penghambat. Bukan hanya itu, pemahaman tersebut juga dapat menguras kantong. Betul?

Solusinya adalah hindari pemahaman bahwa iklan atau produk-produk tersebut sangat EFEKTIF membuat perut sixpack dengan CEPAT. Entah itu pakaian, sabuk sauna, atau suplemen sekalipun, tidak akan dapat membantu seseorang dapatkan bentuk perut idaman dalam waktu semalam.

Langkah terbaiknya adalah kembali pada prinsip membentuk perut sixpack secara alami. Yaitu dengan mulai mengonsumsi makanan-makanan yang sehat, olahraga rutin, dan pemilihan waktu istirahat yang sempurna.

Sementara suplementasi bukanlah pil ajaib yang bisa membantu wujudkan perut sixpack idaman. Fungsi suplemen adalah nutrisi tambahan yang tidak atau kurang Anda dapatkan dari makanan sehari-hari. Jadi tetap yang paling DIDAHULUKAN adalah nutrisi dari real food.

Suplemen kafein misalnya. Konsumsi suplemen ini berfungsi untuk membantu TINGKATKAN intensitas latihan (memberikan energi tambahan) serta menjaga metabolisme tubuh. Tapi jelas, dengan minum kafein (kopi) saja praktis tidak akan membantu pahatan perut sixpack terlihat.

6. Membentuk Perut Sixpack dengan CEPAT dari Latihan Isolation?

membuat perut sixpack

Gerakan latihan isolasi (isolation movement) merupakan gerakan latihan yang fokus pada suatu atau satu bagian otot tertentu. Dan ini dilakukan secara berulang-ulang dengan jumlah set dan repetisi yang diinginkan.

Banyak fitnes mania yang sangat menyukai gerakan latihan seperti. Tentu saja tujuannya adalah untuk mempertajam otot yang dinilainya masih kurang terlihat.

Contoh latihannya misalnya bicep curl. Ini biasanya akan dilakukan oleh banyak fitnes mania ketika mereka menginginkan bentuk lengan yang lebih besar dan berotot. Dan sit up atau crunch bagi mereka yang ingin membentuk perut sixpack.

Tapi seperti yang sudah disinggung di awal, jangan HANYA fokus pada latihan isolation. Jika hanya fokus pada latihan yang menargetkan otot perut dan mengabaikan kelompok otot lain karena ingin perut sixpack, justru dapat menyebabkan ketidakseimbangan otot.

Yang ditakutnya adalah pada akhirnya dapat menghambat kesempatan untuk mendapatkan otot perut sixpack idaman.

Solusinya adalah kembangkan program latihan dengan juga melakukan latihan compound yang melibatkan banyak kelompok otot. Latihan ini akan membantu meningkatkan otot tubuh secara keseluruhan.

Bukan hanya itu, latihan compound juga dapat membantu meningkatkan produksi hormon testosteron (yang berarti lebih banyak otot) serta merangsang pembentukan otot perut.

Sekarang, apakah sudah siap untuk yang lebih baik saat ingin membuat perut sixpack terlihat? Just do it!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes