Bola-Latihan-Untuk-Membantu-Pembentukan-Otot-Perut

Bola Latihan Untuk Membantu Pembentukan Otot Perut

Bola-Latihan-Untuk-Membantu-Pembentukan-Otot-Perut

Bola latihan telah menjadi bagian penting dari dunia olahraga pada tahun 1990-an. Meskipun berbagai jenis bola telah digunakan sebagai alat rehabilitasi, namun popularitasnya baru meningkat saat para trainer sering menggunakannya dalam dekade terakhir ini.

Bola latihan atau bola stabilitas (stability ball), kadang-kadang disebut Swiss ball, datang dalam berbagai ukuran dan terbuat dari produk vinil yang berat, ketika diisi udara beratnya bisa sampai 300 hingga 350 kg. Bola ini dapat digunakan oleh siapa saja, mulai dari pemula hingga yang sudah berpengalaman.

Berikut adalah 6 manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan bola stabilitas.

  1. Keselarasan Tubuh Yang Tepat – Saat menggunakan bola latihan, tubuh akan menggunakan kelompok-kelompok otot yang biasanya jarang digunakan. Refleks motorik alami akan meningkat saat kelompok otot yang berbeda ini dipaksa menjaga keseimbangan pada bola. Ini adalah tantangan yang ditimbulkan oleh bola, menjaga keseimbangan selama latihan. Apabila keseimbangan meningkat maka keselarasan bagian-bagian tubuh juga meningkat.
  2. Latihan Perut Yang Luar Biasa – Salah satu hal yang hebat dalam menggunakan salah satu bola ini yaitu kemampuannya untuk menargetkan otot-otot perut. Mempertahankan keseimbangan saat latihan dengan bola stabilitas membuat otot perut dan otot punggung bekerja lebih keras karena kelompok otot ini mengikat tubuh atas dan bawah bersama-sama. Tanpa otot inti yang kuat, melatih keseimbangan akan jauh lebih sulit.
  3. Daya Tahan dan Otot Yang Lebih Kuat – Karena bola dapat menargetkan hampir semua kelompok otot maka hal ini membantu untuk membangun kekuatan, tone otot dan meningkatkan daya tahan keseluruhan. Hal ini juga membantu memperkuat punggung dengan mengurangi beberapa bentuk sakit punggung dan membantunya dengan fleksibilitas keseluruhan.
  4. Kekuatan Otot Inti – Otot-otot inti mencakup otot punggung dan seluruh otot perut. Ini adalah otot-otot yang mendukung dan menstabilkan tubuh dalam melakukan semua gerakan. Dengan menggunakan bola stabilitas semua otot ini bekerja pada rentang gerak maksimum, memastikan otot inti yang kuat.
  5. Peregangan – Latihan dengan bola memungkinkan berbagai gerakan peregangan yang biasanya tidak mungkin Anda lakukan.
  6. Menurunkan Berat Badan– Seperti halnya rutinitas latihan, dengan bola latihan akan meningkatkan metabolisme yang membantu tubuh membakar lemak berlebih. Kemampuan membakar lemak ini lebih ditingkatkan dengan massa otot kurus yang dikembangkan saat latihan.

Bola latihan adalah salah satu cara terbaik untuk memperkuat otot perut dan punggung bawah serta meningkatkan kekuatan fungsional, keseimbangan dan fleksibilitas tubuh Anda. Jadi, bagi Anda yang ingin mendapatkan perut yang indah, mulailah masukkan latihan dengan bola ini dalam menu latihan Anda!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes