latihan pembentuk sixpack

Ingin Pahatan Sixpack? Pahami Fakta Latihan Perut Ini!

Tentu, kepopuleran sit-up mungkin telah mempengaruhi pola pikir Anda. Ya, setiap kali ingin membentuk perut sixpack, maka satu latihan yang menurut Anda baik adalah sit-up. Kepopuleran mitos sit-up sebagai latihan terampuh untuk mendapatkan perut sixpack memang telah terdengar gaungnya di seantero negeri. Ya, tak lebih hanya sebatas mitos. Tak percaya? Berikut ini adalah informasi tentang sit-up dan kebenarannya dalam membentuk perut sixpack!

Headline Sixpack

Sit-Up Bukan Latihan Utama Pembentuk Sixpack

Salah satu kesalahpahaman besar tentang sit-up adalah bahwa Anda melakukannya karena menginginkan pahatan sixpack atau otot inti yang kuat. Padahal sit-up bukanlah satu-satunya latihan yang dapat membentuk perut Anda menjadi sixpack. Terdapat gerakan-gerakan dalam latihan lainnya. Misalnya, seperti squat with barbell/ halter, menekuk lutut menggunakan halter, atau bahkan Anda dapat melakukan Polimerik Push-up. Latihan lainnya adalah, Anda bisa melakukan latihan stabilisasi dan keseimbangan yang banyak melibatkan punggung, lengan,  dan bahu Anda.

Sit-Up Tak Perbaiki Postur Tubuh

Banyak orang menghabiskan separuh hidupnya demi pekerjaan mereka. Anda selalu duduk di meja kerja selama berjam-jam. Gaya hidup seperti inilah yang menyebabkan bahu Anda cenderung memutar ke depan, sehingga tubuh Anda menjadi bungkuk.
Lalu, apa Anda pikir dengan melakukan sit-up dapat memperbaiki postur tubuh Anda? Tidak. Memang benar jika sit-up dapat memaksa otot-otot perut agar kencang, namun jika untuk memperbaiki postur bungkuk pada bahu Anda, hal tersebut salah. Terdapat latihan lainnya yang dapat memperbaiki postur tubuh Anda, terutama pada bagian bahu. Gerakan-gerakan pemanasan atau stretching dan foam rolling dapat membuat bahu Anda benar-benar terasa baik.

Tak Hanya Latihan, Luangkan Waktu Memilih Menu Makanan Sehat

Gagasan bahwa Anda dapat menghilangkan lemak membandel pada satu bagian tubuh tertentu adalah mitos paling lazim dalam dunia kebugaran. Ya, hal itu hanya mitos. Melakukan latihan abs tidak akan membakar lemak lebih banyak di tubuh Anda. Bahkan, banyak orang bertanya, bagaimana caranya untuk mempercepat pahatan sixpack? Maka, jawaban yang diberikan oleh mereka yang profesional adalah, jangan melatih otot perut Anda setiap hari. Sebelumnya, jika Anda ingin memperoleh pahatan sixpack, maka Anda harus mencapai titik terendah lemak tubuh. Dan hal itu tak ada hubungannya dengan sit-up atau latihan perut yang biasa Anda lakukan. Sebaliknya, Anda harus menyisihkan waktu untuk merencanakan menu makanan yang Anda konsumsi, atau berfokus pada inti, atau senyawa latihan Anda.

Melatih Bagian Perut Setiap Hari Menyebabkan Ketidakseimbangan Otot

Mencoba melakukan latihan perut setiap hari bukan hanya mempengaruhi postur tubuh Anda, melainkan juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan otot. Otot perut bersifat kompleks, yang berarti banyak otot yang menyusun perut Anda. Misalnya, seperti rektus abdominus, tranverse abdominus, internal dan eksternal obliques. Jika Anda hanya melakukan sit-up standar selama setiap hari dengan 300 repetisi sekalipun, maka hal tersebut tidak akan membantu pembentukan otot abdominus (otot sixpack). Sebaliknya, Anda hanya akan membuatnya lebih rentan terhadap risiko cedera

Semoga bermanfaat. (gie)

Untuk membantu Anda DAPAT perut sixpack, Anda bisa download ebook GRATIS ini dilengkapi dengan panduan latihan dalam program fitnes Anda. Download DI SINI.

banner-DF-Ebook

BACA JUGA: Repetisi Tinggi atau Rendah, Mana yang Lebih Baik?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes