latihan otot perut

Jajal Latihan Simpel Ini untuk Kuatkan Otot Perut Anda!

Banyak orang yang sedang berfokus pada pembentukan otot-otot perut (sixpack), mereka hanya terjebak dalam rutinitas yang sama. Hal ini bisa saja dengan melakukan teknik latihan yang sama setiap kali berlatih. Misalnya, dengan menggunakan sit-up sebagai satu-satunya latihan yang hanya bisa membentuk perut Anda sixpack.

Headlinee Sixpack

Padahal, hal itu salah. Memang, sit-up akan baik jika dilakukan sewajarnya, hal itu akan melatih ketahanan terhadap kondisi perut Anda. Namun tidak jika dilakukan secara terus-menerus dengan repetisi yang tinggi. Untuk itu, berikut adalah rekomendasi latihan perut yang bisa Anda coba.

#Latihan 1: Knee Crunches

1

Knee Crunches merupakan latihan yang baik diletakkan di awal latihan Anda. Banyak orang yang telah berhasil memperkuat otot perutnya dengan melakukan latihan ini. Hal ini dikarenakan, latihan ini lebih efektif mengubah kondisi perut, tanpa Anda sadari. Untuk melakukannya, pertama berbaringlah di lantai. Selanjutnya, angkat kaki Anda dan tekuk. Saat melakukan posisi ini, angkat tangan ke atas. Dorong tubuh Anda ke depa, hingga dada Anda mendekati lutut yang telah terangkat. Selanjutnya, ulangi gerakan pertama dan lakukan kembali hingga beberapa repetisi telah Anda lakukan.

#Latihan 2: Easy Bicycles

222

Latihan ini akan sama baiknya dengan latihan knee crunches yang Anda lakukan di awal tadi. Hal ini dikarenakan, Anda diharuskan untuk mengontrol satu kaki dengan melibatkan otot-otot perut Anda, sementara kaki lainnya berada di lantai. Ini merupakan variasi latihan perut yang patut Anda coba untuk memperkuat perut Anda. Untuk melakukannya, Anda awalnya harus berbaring di lantai sambil kedua tangan berpegang pada sisi kepala Anda. Gerakan kaki secara bergantian layaknya Anda sedang mengayuh sepeda.

#Latihan 3: Bicyles

3

Latihan ini adalah latihan klasik untuk memperkuat abdominal Anda. Bukan hanya itu, latihan ini juga melibatkan abs bagian atas dan bawah, bersamaan dengan obliques Anda. Hal ini dikarenakan, gerakan dalam bicycles sedikit memutarkan panggul ke arah yang berlawanan. Berbeda dengan easy bicycle yang hanya menggerakkan secara bergantian kaki kiri dan kanan. Untuk melakukannya, Anda perlu menjaga kaki Anda agar tidak menyentuh lantai, untuk tetap menekan otot perut bagian bawah Anda. Semakin Anda mengangkat kaki Anda, maka hal tersebut akan menjadi mudah dan berdampak lebih efisien untuk menguatkan otot perut Anda.

#Latihan 4: Reverse Crunches

4

Latihan ini jauh lebih menantang daripada latihan-latihan sebelumnya. Hal ini dikarenakan, Anda harus menjaga keseimbangan kedua kaki Anda dengan menggunakan otot Abdominal Anda. Jika Anda memiliki masalah dengan punggung bagian bawah, maka berhati-hatilah dengan latihan ini. Karena kesalahan dalam gerakannya, dapat memicu cedera pada bagian punggung Anda. Jika latihan ini Anda lakukan dengan rutin, maka hal tersebut sangat efektif untuk memperkuat perut bagian atas dan bawah Anda.

Seperti yang telah Anda lihat dalam gambar, cara melakukannya adalah dengan membawa lutut Anda dekat dengan dada. Pada gerakan ini, otot abdominal akan berkontraksi, dan membuatnya semakin padat. Saat menurunkan posisi kaki ke posisi semula, usahakan kedua tumit Anda jangan sampai menyentuh lantai.

#Latihan 5: V-Up

555

Ini merupakan salah satu latihan yang banyak digemari oleh mereka yang sedang melakukan program pembentukan perut. Hal ini dikarenakan, akan membuat otot perut bagian atas berkontraksi dan juga dapat membakar lemak pada perut bagian bawah Anda. Hal ini hampir sama dengan gerakan reserve crunches, untuk itu Anda harus berhati-hati jika sebelumnya mempunyai rasa sakit pada punggung Anda. Beberapa orang melakukan V-up dengan mengangkat punggung mereka dari lantai.

Tapi, cobalah untuk menjaga punggung agar tetap berada pada lantai dan Anda hanya diperkenankan untuk mengangkat bahu sedikit dari lantai, persis seperti apa yang Anda lihat dalam gambar.
Fokuslah pada kontraksi otot perut Anda. Untuk itu, jangan melakukannya terlalu cepat dan usahakan untuk menahannya sedikit lebih lama dan terkendali. Untuk membuat latihan ini agar lebih menantang, Anda dapat meletakkan halter di antara kaki Anda. Namun sekali lagi, berhati-hatilah jika Anda mempunyai cedera pada punggung Anda.

Bagaimana, cukup mudah ‘kan? Latihan dengan gerakan-gerakan di atas tak menuntut Anda untuk melakukannya di gym. Anda dapat mencoba latihan tersebut kapan pun dan di mana pun, termasuk di rumah. (gie)

BACA JUGA: 3 Kombinasi Latihan Pembentuk Sixpack Paling Ampuh

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes