Kenali Anatomi Perut Sixpack Impian Anda

Sixpack merupakan bagian otot perut yang memiliki nama rectus abdominis muscle, yaitu sepasang otot yang melintang secara vertikal pada setiap sisi dinding anterior pada perut.

Terdapat dua otot paralel, yang dipisahkan oleh sebuah garis tengah dari jaringan ikat yang disebut linea alba (garis putih). Rektus biasanya dilintasi tiga garis fibrosa yang dihubungkan oleh persimpangan tendon, sehingga membentuk visual “sixpack”. Bahkan pada sebagian orang, jumlah otot yang menonjol tidak hanya enam, melainkan bisa sampai delapan hingga sepuluh “pack”.

Rectus abdominis merupakan otot postural yang memiliki peran penting dalam aktivitas tubuh. Otot ini berperan meregangkan tulang belakang, terutama saat melakukan beberapa gerakan latihan seperti crunch, leg raise, dan lainnya.

Anatomi Otot Perut
Otot sixpack terdapat pada otot perut bagian depan yang dalam istilah asing di sebut Anterior Wall Abdominal Muscles. Otot ini terbagi dalam 4 bagian otot, yaitu:

  1. Rectus Abdominus, adalah bagian otot yang membentuk “sixpack”. Rectus berarti “lurus” dan abdominus berarti “perut”, yang berarti otot ini berada tegak lurus pada perut. Otot ini berguna untuk menjaga tulang belakang dan panggul tetap stabil.
  2. External Oblique. Otot ini berada di belakang tulang rusuk bagian bawah dan melintas menuju panggul. Otot ini juga berguna untuk menunjang pergerakan tulang belakang. Selain itu, external oblique juga berguna menjaga kestabilan tulang belakang saat melakukan latihan yang membuat tubuh menekuk ke samping.
  3. Internal Oblique. Otot ini berada di bawah otot external oblique. Otot ini membantu pergerakan tulang belakang saat melakukan latihan seperti crunch. Selain itu, otot ini juga berperan menstabilkan tulang belakang ketika melakukan gerakan memutar atau membungkuk.
  4. Transversus Abdominus. Merupakan otot yang berada paling dalam di antara ke tiga otot yang lain. Transversus Abdominus berperan dalam menstabilkan punggung bagian bawah. Para ahli menyatakan bahwa saat melakukan aktivitas seperti berjalan, berlari, dan sebagainya, otot ini adalah yang pertama kali aktif bergerak. Otot ini tidak dapat terlihat layaknya otot sixpack, karena letaknya yang berada terlalu dalam pada perut Anda.

Dengan mengenal anatomi perut sixpack lebih dekat maka Anda akan lebih mudah mendapatkan perut sixpack impian Anda. (dan)

BACA JUGA : Sumber Protein Pilihan Bagi Vegetarian

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes