otot perut bagian bawah

Perindah Otot Perut Bagian Bawah dengan Gerakan Ini!

Tentu, setiap orang pasti tak menginginkan perut yang buncit. Sebaliknya, mereka begitu mati-matian mendapatkan perut sixpack yang banyak diidamkan oleh banyak orang. Bahkan, seseorang yang sudah memiliki guratan sixpack di perutnya masih ingin menyempurnakan lekukan sixpack-nya.

jENDELA

Bagi yang sudah memiliki pahatan sixpack, mereka lebih ingin mendambakan memiliki perut bawah yang lebih padat, kencang dan berbentuk. Dalam melatih perut bawah, yang pertama harus diketahui adalah mengerti dan paham tentang dasar latihannya. Meskipun tujuannya adalah membentuk perut bagian bawah, namun untuk memperolehnya harus melakukan latihan dan menambah kekuatan pada kaki dan otot perut. Berikut ini adalah beberapa latihan dasar untuk menyempurnakan bentuk perut bagian bawah Anda.

Front Leg Raises

Front Leg Raises
Latihan ini dimaksudkan agar otot besar yang ada pada kaki berkontraksi, sehingga mempengaruhi otot-otot lainnya pada tubuh bagian bawah (lower body).

Cara melakukan: Pada posisi awal, berdirilah dengan tegap sambil kedua tangan berada pada pinggang Anda. Setelah itu, gerakan salah satu kaki Anda ke depan, sehingga lurus sejajar dengan pinggang Anda. Pertahankan selama beberapa detik. Ketika salah satu kaki berada di depan, pertahankan satu kaki yang Anda buat menjadi tumpuan benar-benar lurus. Hal ini akan melatih keseimbangan tubuh Anda. Setelah itu, dengan tetap pada kaki yang sama, gerakan kaki kea rah sebaliknya (belakang). Ulangi gerakan yang sama pada kaki satunya.

Reverse Crunch

Reverse Crunch

Latihan ini bukan hanya bermanfaat untuk membangun dan menguatkan otot bagian bawah perut Anda, melainkan juga otot bokong dan bahu Anda. Ini dikarenakan, gerakan dalam reserve Crunch termasuk ke dalam gerakan multy joint, yang hanya dengan melakukannya dapat melatih beberapa otot secara sekaligus.

Cara melakukan: Latihan ini membutuhkan decline bench. Sebagai posisi awal Anda, baringkan tubuh di atas bench dan posisikan punggung dengan benar agar tak melengkung dan terjadi cedera. Perlahan-lahan tarik lutut menuju dada untuk mengontraksikan otot-otot perut pada bagian bawah. Lepaskan kaki, istirahatkan sejenak, kemudian ulangi kembali ke gerakan awal.

Scissor Kick

Scissor Kick

Scissor Kick merupakan latihan yang melibatkan lengan sebagai tumpuan, dan melibatkan kaki Anda. Posisi perut yang sedikit terangkat ke atas, membuat otot perut bagian bawah berkontraksi. Sehingga, bukan hanya otot perut saja yang terlatih, melainkan otot pada bagian lengan dan kaki Anda tentunya menjadi semakin kuat dan padat.

Cara melakukan: Sebagai posisi awal, rebahkanlah tubuh Anda ke lantai atau matras dengan posisi telentang. Angkat sedikit pinggul Anda dibarengi dengan mengangkat kedua kaki ke atas secara berselingan. Ketika mengangkat pinggul, gunakan kedua tangan yang berada di samping perut Anda sebagai tumpuan. Lakukan beberapa kali, dengan gerakan kaki berayun dan berseling antara bawah dan atas.

Gorilla Cruch

Gorilla-Chin-Crunch

Meskipun gerakan dalam Gorilla Crunch memusatkan kekuatan pada bagian lengan, namun jangan salah. Banyak beberapa bagian tubuh dan otot yang terlatih dengan sekaligus dalam sekali gerakan. Gerakan dalam gorilla Crunch di antaranya akan melatih otot bagian lengan, perut, menguatkan pinggul, dan paha. Hal ini dikarenakan gerakan dengan mendorong pinggul ke bagian depan, sehingga memungkinkan banyak bagian tubuh ikut terlibat.

Cara melakukan:
Sebagai posisi awal, berdirilah di depan mesin. Raihlah gagang mesin menggunakan kedua tangan Anda. Angkat tubuh Anda hingga kaki menggantung . Tekuk lutut Anda hingga membentuk sudut sekitar 90 derajat. Posisi paha tetap tegak lurus menghadap ke depan. Tarik tangan Anda dan dorong tubuh hingga dada sejajar dengan tangan Anda. Saat pada posisi ini, kaki ditekuk menghadap depan. Berhenti beberapa saat, kemudian ulangi pada gerakan awal.

Dumbbell Side Bend

Dumbbell Side Bend

Meskipun sepertinya gerakan dalam latihan Dumbbell Side Bend memusatkan kekuatan pada lengan, namun sebenarnya manfaat yang diperoleh menguntungkan pada bagian perut Anda. Ketika posisi dalam melakukan gerakan Dumbbell Side Bend, maka Anda akan sedikit miring dan condong ke kanan dan kiri, sehingga memungkinkan untuk otot perut samping Anda akan tertarik dan berkontraksi. Sehingga membuatnya lebih padat dan kuat.

Cara melakukan: Sebagai awal posisi Anda, berdirilah dengan memegang dumbbell pada salah satu tangan Anda. Posisi tangan yang satunya memegang pinggang Anda sendiri. Miringkan tubuh Anda menuju ke arah lengan yang memegang pinggang Anda. Posisi lengan yang membawa dumbbell sejajar dengan paha Anda. Tahan beberapa detik, kemudian ulangi dengan gerakan pada arah sebaliknya.

Selain melakukan beberapa gerakan di atas, untuk menyempurnakan hasil lakukan beberapa latihan perut bawah yang lebih menyeluruh, seperti pull up, push up, dan juga squat. Semua latihan tersebut jika dikombinasikan dengan latihan-latihan kardio yang seimbang dan benar, dipastikan dapat menjadikan impian memiliki perut bawah yang sempurna segera menjadi kenyataan.

Selamat mencoba, dan semoga impian Anda untuk memahat otot perut bagian bawah menjadi kenyataan. (gie)

BACA JUGA: Awas, Toilet Duduk Banyak Menyimpan Bakteri Berbahaya

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes