sit up untuk sixpack

Sit Up, Latihan Sederhana yang Efektif Membentuk Perut Sixpack

Apakah Anda pernah melakukan sit up untuk menonjolkan pahatan perut sixpack? Jika belum, maka segera lakukan karena latihan ini memang cukup efektif untuk membentuk perut sixpack Anda.

sit up untuk sixpack

Sit up adalah salah satu gerakan latihan yang sangat populer untuk melatih otot perut. Dasar dari sit up adalah mengangkat tubuh bagian atas dari posisi berbaring dengan posisi tangan di belakang kepala atau dada (tergantung dari variasi sit up yang dilakukan) dan posisi kaki menekuk atau yang biasa disebut dengan ‘posisi kupu-kupu’. Saat posisi kaki menekuk, pastikan tumit Anda ditempatkan rata dengan lantai.

Sit up adalah latihan dasar untuk otot perut

Dengan melakukan sit up, maka otot perut akan langsung aktif. Rectus abdominus, atau yang kita kenal dengan otot sixpack, sebenarnya adalah otot tunggal yang melekat pada tulang dada dan panggul dan dibagi menjadi enam hingga delapan garis otot.

>> Sudah Latihan Tapi Perut Belum Juga Sixpack? <<

Untuk mengatkan otot inti Anda!

Gerakan latihan sederhana ini sangat penting bagi otot inti tubuh. Apabila otot inti tubuh Anda lemah, maka seluruh tubuh juga akan menjadi lemah. Nyeri sendi, masalah pada punggung atau masalah pada bagian tubuh lainnya bisa jadi karena otot inti yang melemah.

sit up untuk sixpack

Dengan memiliki otot inti yang kuat akan dapat mendukung tulang belakang untuk melakukan berbagai aktivitas. Selain itu, kekuatan otot inti juga dapat mempengaruhi performa latihan Anda. Otot inti yang kuat tidak hanya untuk berlatih seperti squat, push up, atau jogging, tetapi juga mendukung gerakan yang lebih eksplosif seperti berlari atau melompat.

Apakah posisi kupu-kupu sangat membantu gerakan sit up?

Posisi kupu-kupu berarti menekuk kaki dan sedikit memiringkan keluar. Ketika melakukan sit up dengan posisi kupu-kupu, jangkauan gerak jauh lebih besar daripada melakukan sit up dengan kaki di angkat. Itulah mengapa sit up dengan posisi kupu-kupu jauh lebih efektif untuk melatih otot perut Anda.

Sit up itu melelahkan, tapi memang efektif!

Bahkan hanya dengan dilakukan beberapa kali saja, otot perut Anda mungkin sudah meras terbakar. Sit up benar-benar efektif dan memiliki pengaruh besar pada otot inti Anda. Karena itu, sit up juga dapat membuat otot-otot menjadi lelah dengan waktu yang cepat.

sit up untuk sixpack

Tapi jangan khawatir, otot perut memiliki waktu pemulihan tercepat di antara otot-otot lainnya. Sama seperti jenis-jenis latihan lain yang langsung menargetkan otot tertentu, Anda mungkin akan membencinya ketika pertama kali melakukan. Namun setelah itu, Anda akan mulai menyukai latihan tersebut terlebih setelah pahatan perut sixpack Anda mulai terlihat. [Baca Juga: 500 Kali Sit Up Tak Jamin Anda Dapatkan Perut Sixpack]

Variasikan sit up Anda agar tidak bosan!

Latihan sit up rutin dan intens kadang dapat membuat Anda bosan. Jika sudah demikian, maka goal fitnes Anda untuk mendapatkan perut sixpack pun akan terhambat. Nah, solusi agar Anda tidak mudah bosan dalam berlatih adalah dengan bereksperimen melakukan berbagai variasi gerakan. Salah satunya sit up.

Banyak sekali variasi sit up yang dapat Anda lakukan. Beberapa variasi latihan sit up juga dapat Anda lakukan seperti dalam artikel berikut Sixpack Terpahat Sempurna, dengan Variasi Sit-Up untuk membantu mendapatkan otot perut yang Anda idamkan.

Yang perlu dan tidak perlu dilakukan ketika akan mencoba sit up

Yang perlu dilakukan adalah berhati-hati dan batasi latihan sit up Anda. Selain melelahkan, juga untuk menghindari agar otot Anda tidak tertarik.

Apabila Anda kesulitan menjaga kaki atau tumit Anda tetap menapak di lantai, Anda dapat meminta bantuan teman atau instruktur untuk memegang kaki Anda. Atau, juga bisa menambahkan beban pada kaki agar tidak ikut terangkat ketika melakukan sit up.

sit up untuk sixpack

Ketika tangan berada di belakang kepala, pastikan Anda tidak mendorong kepala ke depan ketika mengangkat tubuh. Gerakan ini cenderung akan dilakukan (secara tidak langsung tanpa disadari) ketika perut Anda sudah mulai lelah. Yang dikhawatirkan adalah dorongan tersebut dapat mengencangkan otot di leher Anda.

Apabila didiagnosa osteoporosis, sebaiknya untuk menghindari sit up. Gerakan sit up yang menekuk tulang belakang dapat meningkatkan tekanan pada tulang. Kondisi ini akan dapat menyebabkan patah tulang akibat tekanan atau yang biasa disebut stress fracture.

Latihan sit up memang membantu pembentukan perut sixpack. Tapi, dengan berlatih sit up saja secara terus-terusan justru akan menghambat program sixpack Anda. So, berlatihlah sit up dengan bijak serta kombinasikan juga dengan latihan untuk otot-otot lain agar goal fitnes Anda segera tercapai. Selamat berlatih. (ctr)

Untuk membantu Anda DAPAT perut sixpack, Anda bisa download ebook GRATIS ini dilengkapi dengan panduan latihan dalam program fitnes Anda. Download DI SINI.

banner-DF-Ebook

BACA JUGA: Latihan dengan Dumbbell untuk Membentuk Bahu Lebih Padat dan Kuat

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes