Struktur Pembentuk Sixpack

Sixpack Sempurna dengan Pahami Struktur Pembentuknya

Apa sampai saat ini Anda hanya mengagumi orang yang mempunyai bentuk perut sixpack? Benarkah hanya mengagumi? Mungkin itu hanya alasan. Sebenarnya Anda pasti juga menginginkan pahatan sixpack sempurna, hanya saja Anda pesimis untuk mendapatkannya. Hilangkan pikiran itu jauh-jauh. Jika memang niat Anda sangat menggebu untuk membentuk perut sixpack, maka Anda bisa melakukannya dengan mempelajari terlebih dahulu otot-otot pembentuk perut. Untuk itu, DuniaFitnes.com membuat artikel ini!

Headline

Sebagai langkah awal, Anda perlu memahami bahwa latihan perut harus disesuaikan dengan serat-serat otot pembentuk bagian perut. Misalnya, pada bagian perut bawah, atas, dan obliques. Latihan perut dengan menekankan ketiga bagian tersebut berarti memungkinkan Anda untuk menekankan semua bagian otot yang ada di perut.

Misalnya:

– Ketika Anda menyetabilkan kaki Anda dalam melakukan latihan kneeling rope crunches with a cable. Maka, bagian atas rektus abdominis (upper abs) menerima aktivasi otot yang lebih besar.

– Ketika Anda menyetabilkan tubuh bagian atas dalam melakukan latihan hanging knee raises, bagian bawah rektus abdominis (lower abs) mengalami tingkat kontraksi yang lebih besar.

– Ketika Anda melakukan twisting or rotational movement, maka hal tersebut akan membantu otot-otot fleksi, internal, dan eksternal obliques untuk melakukan kontraksi dan bekerja lebih keras.

– Beberapa latihan akan memusatkan pada bagian-bagian otot yang sama. Tergantung kestabilan bagian atas dan bawah. Misalnya ketika Anda melakukan latihan crossover, latihan tersebut dapat memperkuat bagian otot perut atas ataupun bawah.

Kenapa Memahami Hal Ini Penting?

Karena biasanya otot perut berfungsi untuk menjaga kestabilan tubuh setiap hari, mereka memiliki tingkat pembentukan otot atau pemadatan serat otot yang lebih lama dibandingkan dengan bagian lainnya. Oleh karena itu, otot perut mengalami kelelahan pada tingkat yang lebih lambat daripada kelompok otot lain yang lebih cepat mengalami pemadatan serat ketika dilatih (pecs, bisep, dan paha belakang). Itulah mengapa Anda lama dalam membentuk pahatan sixpack di perut Anda.

Repetisi Ideal untuk Latihan Perut

Maka kisaran repetisi yang digunakan untuk membentuk otot perut tidak sama dengan apa yang digunakan untuk melatih lengan, dada, atau punggung. Untuk membentuk pahatan sixpack, Anda harus melakukan repetisi sedikit lebih tinggi. Untuk melatih otot perut, jangan lupa tentang progres latihan yang Anda lakukan. Jika Anda hanya melakukan tiga set 20 repetisi untuk latihan perut, maka itu tidaklah cukup. Anda harus membuat setiap latihan sedikit lebih sulit daripada kebiasaan yang telah Anda lakukan. Berjuang untuk melakukan repetisi tambahan atau setidaknya tambah dua set latihan untuk membawa Anda pada tingkat keberhasilan yang lebih tinggi. Anda juga bisa mengurangi periode istirahat antara set. Dengan begitu, Anda akan pahatan sixpack Anda akan tumbuh lebih cepat jika Anda tetap menantang diri dengan melakukan hal-hal tersebut.

Lalu, Bagaimana Latihan yang Benar untuk Bagian Perut?

Lemak tubuh yang rendah dapat membantu merampingkan pinggang Anda. Dengan melakukan rutinitas yang menggunakan latihan bodyweight untuk pertumbuhan otot, hal itu akan membantu memperlihatkan secara jelas lekukkan six-pack secara tiga dimensi. Untuk itu, lakukan latihan seimbang yang memprioritaskan perut pada bagian atas, bawah, dan obliques.

Untuk memadatkan serat otot rektus abdominis (sixpack), lakukan latihan dengan metode bodyweight, sehingga Anda akan mengalami kegagalan di antara repetisi yang cukup rendah dari kisaran 8-12 repetisi. Dengan latihan tinggi repetisi, hal ini akan relatif lebih cepat membentuk pahatan sixpack Anda. Demikian pula, jika Anda ingin membangun obliques agar mempunyai bentuk tebal, terus gunakan target repetisi yang cukup rendah.

Rekomendasi Latihan

Kneeling Rope Crunches With A Cable
#Untuk Perut Bagian Atas

IKILO

-Posisikan tubuh Anda berlutut dengan tubuh membelakangi mesin
-Pegang kabel di sisi kanan dan kiri tangan Anda
-Tarik kabel hingga siku atau lengan Anda menyentuh lantai
-Saat menarik, atur nafas Anda secara perlahan-lahan

Hanging Knee Raises
#Untuk Perut Bagian Bawah

hanging knee raises

-Posisikan tubuh Anda menggantung pada mesin ataupun tumpuan yang kuat]
-Gulakan lengan untuk menopang berat tubuh Anda
-Ketika menggantungkan lengan, telapak tangan menghadap ke depan
-Angkat kaki Anda hingga lutut sejajar dengan dada Anda

Cable Russian Twists
#Untuk Otot Perut Obliques

Cable Russian Twists

-Berdiri di samping mesin kabel kira-kira sejauh dua kaki
-Posisikan punggung Anda menempel pada bola
-Buka kaki selebar sebagai tumpuan
-Pada kedua tangan memegang kabel
-Tarik kabel ke samping, berlawanan dengan arah kabel tersebut

Selamat mencoba! (gie)

Untuk membantu Anda DAPAT perut sixpack, Anda bisa download ebook GRATIS ini dilengkapi dengan panduan latihan dalam program fitnes Anda. Download DI SINI.

banner-DF-Ebook

BACA JUGA: Ladies, Mengapa Lemak Di Pinggul Dan Paha Susah Hilang?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes