variasi sit-up

Sixpack Terpahat Sempurna, dengan Variasi Sit-Up

Hingga saat ini, sit-up memang dipercaya oleh banyak orang sebagai latihan terbaik untuk mendapatkan pahatan sixpack. Ya, hal itu memang benar. Asalkan, Anda melakukannya sewajarnya dan menyelinginya dengan variasi-variasi sit-up lainnya. Dengan begitu, kabar tersebut bisa jadi benar.

Sixpack_-Variasi-Sit-Up-2

Teknik sit-up yang benar juga harus Anda pahami. Hal ini untuk menunjang agar lemak yang bercokol pada dinding perut Anda dapat terbakar secara maksimal. Berikut adalah rekomendasi gerakan sit-up yang wajib untuk Anda coba jika Anda menargetkan pahatan sixpack di perut Anda!

1.) Weighted Sit-Up

Lat 1

Latihan ini sama halnya dengan melakukan sit-up pada umumnya. Hanya saja, weighted sit-up dilakukan dengan menambahkan beban agar variasi latihan klasik ini semakin menantang. Tidak harus menggunakan beban yang terlalu rumit dan sulit untuk Anda dapatkan. Anda bisa menggunakan bola besi, batu, atau apapun yang mudah Anda jangkau untuk dipegang dengan menggunakan kedua tangan.

Mulailah dengan melakukan standar sit-up, dengan objek beban yang Anda pegang tepat di atas kedua tangan Anda. Untuk memudahkan agar kaki dapat terkunci, maka Anda dapat meletakkan kaki Anda pada bangku atau meminta partner latihan Anda untuk menguncinya. Sementara itu, angkat tubuh Anda mendekati paha. Saat melakukan ini, otot perut Anda akan berkontraksi. Selanjutnya, kembali ke posisi awal dengan mengontrol gerakan tersebut secara penuh.

Untuk meningkatkan posisi otot, sesuaikan posisi tangan Anda. memegang beban di atas kepala Anda akan lebih menantang daripada memegangnya di atas dada Anda.

2.) Shelf Sit-Up

lat 2

Sama seperti awal saat Anda melakukan weighted sit-up. Perbedaannya, ketika melakukan shelf sit-up, Anda akan memosisikan tubuh Anda lebih rendah untuk menciptakan platform yang datar. Selain akan membentuk otot perut Anda, latihan ini juga akan melatih keseimbangan dan stabilitas tubuh Anda.

Mulailah memosisikan tubuh seperti standar sit-up pada umumnya. Sekarang, angkat kaki Anda dan tempatkan tulang kering Anda agar sejajar dengan lantai. Kira-kira tekuk lutut Anda 90 derajat dan angkat pinggul Anda. Untuk benar-benar melatih kestabilan tubuh Anda, maka Anda dapat mengetesnya dengan meletakkan sebuah bola di antara kedua kaki Anda.

Keatika Anda mengangkat tubuh ke atas, ambil bola tersebut. Dan ketika tubuh dalam posisi turun, ambil lagi bolanya. Begitu seterusnya.

3.) Medicine Ball Throws

lat 3

Mungkin Anda dapat mengubah gerakan dalam melakukan sit-up dengan lebih menyenangkan. Untuk melakukan latihan medicine ball throws, Anda perlu seorang partner latihan. Saling lah menjauh dengan partner sekitar 3-8 kaki, lemparkan bola ke partner Anda ketika Anda mengangkat tubuh ke atas,. Partner akan menangkap bola ketika dirinya mengangkat tubuh ke atas. Begitu seterusnya.

Latihan ini sama halnya dengan sit-up klasik. Hanya saja, melalui permainan yang lebih menyenangkan ini, akan melatih kerja sama dengan partner latihan Anda. Irama dan periodesasi begitu diprioritaskan dalam melakukan latihan ini.

4.) Jacknives

lat 4

Variasi latihan sit-up ini juga bisa dibilang klasik. Meskipun begitu, belum banyak orang yang mengetahui dan melakukannya dalam latihan. Dengan latihan ini, akan melatih seluruh otot pada perut Anda, tanpa harus repot menggunakan alat untuk melakukannya.

Untuk memulai latihan ini, berbaringlah di lantai dengan tangan Anda berada di atas kepala dan luruskan kaki. Cobalah untuk mengunci lutut Anda, karena hal ini akan memindahkan tekanan dari abs ke kaki Anda. Perlahan, kontrol dan angkat tubuh Anda, sambil meluruskan tangan ke depan. Sembari dengan melakukan ini, angkat kaki hingga menyentuh kedua tangan Anda. tahan selama beberapa detik, dan kemudian lakukan gerakan sama di awal.

5.) ‘Roky’ Sit-Up

lat 5

Ada dua faktor yang membuat rocky sit-up tetap diperhitungkan dalam latihan favorit untuk variasi sit-up. Ketika Anda mengunci tumpuan utama dengan paha dan betis Anda, maka hal tersebut akan menguatkan bagian keseluruhan kaki Anda. Kedua, akan memungkinkan tubuh bagian atas Anda membakar lemak lebih cepat dan maksimal, terutama pada bagian perut Anda. Namun, latihan ini begitu berisiko. Jika kaki Anda tak kuat dalam mengunci tumpuan, maka Anda akan jatuh terbalik ke lantai. Ketika ini terjadi, maka kepala Anda yang menjadi taruhannya. Untuk itu, Anda perlu mengajak partner latihan untuk berjaga bila di tengah jalan Anda tak kuat melakukannya.

Sit-up hanya akan sia-sia jika Anda melakukannya tanpa variasi-variasi latihan. Bahkan 1000 kali sit-up, tak akan membuat Anda mendapatkan pahatan sixpack. Intinya adalah, dengan memberikan tantangan yang baru dalam latihan. Misalnya seperti mencoba latihan variasi sit-up di atas. (gie)

Untuk membantu Anda DAPAT perut sixpack, Anda bisa download ebook GRATIS ini dilengkapi dengan panduan latihan dalam program fitnes Anda. Download DI SINI.

banner-DF-Ebook

BACA JUGA: 3 Kombinasi Latihan Pembentuk Sixpack Paling Ampuh

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes