makanan tinggi protein

3 Mitos Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Apakah Anda gemar mengonsumsi makanan tinggi protein?

Kenapa?

Ya, makanan protein tinggi biasanya digemari oleh fitnes mania seperti Anda. Baik bagi Anda yang ingin menambah berat badan dan massa otot, menurunkan berat badan, atau menjaga badan tetap ideal.

Namun, ada beberapa mitos di luar sana tentang makanan tinggi protein yang mungkin saja bisa mengganggu konsentrasi Anda dengan program fitnes yang dijalani. Apa saja mitos tersebut?

#1. Sering Konsumsi Makanan Protein Tinggi Bisa Bahayakan Ginjal

Makanan Protein Tinggi

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa jika mengonsumsi makanan protein tinggi bisa merusak ginjal.

Seperti yang dilansir sebuah penelitian dilakukan Dr. Jose Antonio dan diterbitkan dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition untuk menjawab mitos tersebut.

Ia melakukan penelitian kepada sejumlah peserta laki-laki yang sehat untuk mengonsumsi makanan protein tinggi dan berlatih secara rutin dalam delapan minggu. Kemudian peneliti melihat apa yang terjadi pada ginjal peserta.

Peserta diminta mengonsumsi protein sebanyak 270 gram per hari selama delapan minggu. Dan hasilnya adalah ginjal para peserta masih aman-aman saja atau sehat.

>> Inilah Manfaat Diet Tinggi Protein dan Rendah Karbohidrat <<

Sementara itu, ahli nutrisi Delia A. Hammock, MS., nfl jerseys reddit for sale near me 2 R.D. menyebut dalam bukunya yang berjudul Total Nutrition: The Only Guide You’ll Ever Need, tidak pernah dibuktikan protein dapat menyebabkan gagal ginjal.

Hanya saja, konsumsi makanan protein tinggi yang berlebih dapat membebani kinerja ginjal pada orang yang sudah dalam kondisi sakit ginjal sebelumnya.

#2. Protein Membuat Tulang Anda Rapuh

makanan tinggi protein

Selain dapat merusak ginjal, tidak sedikit informasi yang menyebut bahwa konsumsi makanan protein tinggi dapat mengurangi kalsium di tulang.

Tentu, efeknya dapat membuat tulang rapuh atau lemah. Benarkah demikian?

Beberapa bukti yang didapat dari penelitian sepertinya menyangkal anggapan tersebut. Pertama, sebuah studi yang terdapat dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health, diet tinggi protein tidak menyebabkan perubahan pada pembentukan dan komposisi tulang.

Selain itu, seperti yang dipaparkan dalam Journal Cinical Endocrinology Metabolisme menunjukkan bahwa konsumsi makanan protein tinggi juga justru dapat meningkatkan penyerapan kalsium sehingga dapat menambah kesehatan tulang.

Baca Juga: Inilah 5 Fakta Pentingnya Protein Bagi Anda yang Kesulitan Menambah Massa Otot

#3. Membuat Bau Badan?

makanan tinggi protein

Mitos umum yang sering beredar juga adalah makan makanan yang kaya akan protein bisa meningkatkan bau badan. michael kors abbey backpack access review Anggapan ini sebenarnya tidak sepenuhnya salah tapi bukan menjadi alasan utama kenapa tubuh bau.

Banyak anekdot menyebutkan bahwa bau badan akan bertambah jika orang melakukan diet tinggi protein. Ini dikarenakankonsumsi makanan tinggi protein hanya diimbangi dengan konsumsi serat, karbohidrat, dan lemak yang rendah.

Pada saat latihan yang keras, tubuh Anda akan dibanjiri keringat.

Solusi jitu agar keringat Anda tidak berbau adalah dengan menambahkan makanan yang mengandung serat, karbohidrat, dan lemak.

Ada juga yang mengatakan bahwa makan makanan tinggi protein bisa menyebabkan bau mulut. Jika memang tidak ingin aroma mulut Anda menyengat, maka sebaiknya sikat gigi dengan bersih agar nafas dan mulut Anda terasa segar.

#Tambahkan Whey Protein untuk Pemulihan Tubuh Lebih Cepat

makanan tinggi protein

Ya, salah satu manfaat utama dari protein adalah membantu mempercepat proses pemulihan tubuh Anda, terutama whey protein.

Setelah latihan yang cukup keras, Anda biasanya akan memasuki masa DOMS atau delayed onset muscle soreness, yaitu nyeri otot yang tertunca. Biasanya ini akan terjadi dan Anda alami 24-72 jam setelah latihan.

DOMS terjadi karena pada saat latihan, Anda telah merusak serat-serat otot tubuh Anda. Hanya saja, latihan digunakan untuk merusak otot agar merangsang pertumbuhan otot baru yang diharapkan bisa berkembang lebih besar dan kuat.

Dengan konsumsi whey protein seperti

PROTEIN TERBAIK UNTUK OTTO ANDA

  • Mengandung Protein Berkualitas
  • Meningkatkan Daya Pulih Tubuh Anda
  • Optimalkan Pertumbuhan Massa Otot
  • Tidak Menambah Lemak

Dapatkan segera protein berkualitas tinggi dan terbaik sekarang juga! BELI DI SINI!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes