suplemen fitness

3 Suplemen Fitness Penguat Otot dan Sendi Anda

Bagi seseorang yang sering berkecimpung di dunia kebugaran, suplemen fitness adalah salah satu hal yang wajib dikonsumsi untuk memaksimalkan pembentukan otot ataupun tujuan lainnya yang ingin dicapai. Namun bagi Anda yang termasuk pemula, jangan sembarangan untuk mengonsumsi suplemen fitness tanpa mengetahui fungsinya.

supp

Banyak jenis suplemen fitness yang ada di tengah masyarakat. Bahkan, ratusan hingga ribuan merek suplemen fitness beredar di pasaran. Itulah sebabnya Anda perlu membekali diri Anda dengan pengetahuan yang cukup. Sebelumnya, pahami informasi-informasi terkait suplemen fitness yang sekiranya Anda butuhkan.

Terdapat beberapa suplemen fitness yang mungkin sudah familiar di telinga Anda. Suplemen tersebut di antaranya protein, amino, glutamin, dan multivitamin lainnya. Namun, suplemen dalam dunia fitness bukan hanya itu. Terdapat beberapa jenis suplemen lain yang mempunyai manfaat untuk kebutuhan tubuh Anda.

Untuk memudahkan Anda mengenali beberapa jenis suplemen fitness di antara banyak produk, berikut adalah beberapa suplemen fitness yang masih belum banyak diketahui oleh pencinta dunia kebugaran, khususnya pemula:

Branched Chain Amino Acid (BCAA)

Bisa dikatakan, BCAA adalah asam amino rantai cabang. Karena, asam amino mempunyai cabang yang terbagi menjadi tiga asam amino tunggal.Yakni, L-Leucine, L-Isoleucine, L-Valine. Pada beberapa riset mengatakan, suplemen fitness ini memiliki efek positif terhadap profil hormon para atlet.

Itulah sebabnya, suplemen fitness ini begitu penting. Sekitar 35 persen dari otot kita dibentuk oleh BCAA. Bukan hanya itu, BCAA juga harus selalu ada dalam tubuh untuk membantu pertumbuhan otot dan menyeimbangkan pelepasan hormon dan fungsi otak.

Saat Anda berolahraga, saat itu tubuh akan menghabiskan simpanan glikogen dan mulai mengirim sinyal untuk menghentikan sintesis protein. Hal ini membuat tubuh Anda menjadi katabolik atau memecah otot. Itulah mengapa BCAA begitu diperlukan. BCAA berguna untuk membalikkan efek katabolik, sehingga tubuh dapat melanjutkan sintesis proteinnya serta merangsang pertumbuhan otot yang lebih baik dan daya pulih yang lebih cepat.

BCAA termasuk ke dalam asam amino esensial, atau dengan kata lain, asam amino yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh dan harus didapatkan pada makanan. Namun ketika Anda melakukan latihan dengan intensif, maka kebutuhan tubuh Anda akan BCAA secara otomatis juga akan naik.

Bisa dipastikan kandungan BCAA yang terdapat pada makanan tidak akan mampu mencukupi kebutuhan tubuh. Itulah mengapa Anda harus mengonsumsinya dalam bentuk suplemen fitness. Produk BCAA dari Ultimate Nutrition merupakan solusi untuk menjaga otot agar dapat melindungi penyimpanan energi dan membantu melindungi pemecahan protein otot sehingga otot Anda dapat terbentuk lebih sempurna.

ZMA

ZMA adalah produk vitamin dan mineral alami yang meningkatkan kadar hormon testosterone dan kekuatan otot. ZMA merupakan sub kombinasi yang tepat dari zinc dan magnesium.

Zinc merupakan mineral esensial yang terdapat pada makanan. Mineral tersebut berguna untuk mempercepat proses penyembuhan pada luka, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan magnesium berguna untuk membantu proses pencernaan protein dan memelihara kesehatan otot serta sistem penghubung jaringan syaraf. Magnesium juga berfungsi untuk membantu relaksasi otot dan mendistribusikan energi.
Kombinasi keduanya dapat berfungsi untuk meningkatkan kualitas tidur Anda. Sehingga, dapat mempercepat proses pemulihan otot setelah latihan secara rutin.

Jika Anda sering melakukan latihan dengan intensitas yang sering, maka kemungkinan besar Anda akan kekurangan zinc dan magnesium dalam tubuh Anda.

Glucosamine (Glukosamin)

Glucosamine merupakan senyawa alami yang diproduksi secara natural oleh tubuh. Senyawa ini terdiri dari glukosa dan asam amino glutamine. Glucosamine memainkan peranan penting dalam pembentukan tulang rawan, dan pergerakan sendi di tubuh Anda. GluCosamine memproduksi proteoglycan dan glikosaminogen di mana kedua enzim ini berfungsi untuk memproduksi cairan synovial yang digunakan sebagai pelumas pada tulang rawan agar tulang rawan dapat berfungsi dengan lebih baik.

Glucosamine merupakan senyawa yang dapat diproduksi oleh tubuh kita. Namun, semakin bertambahnya usia, maka produksi glucosamine juga semakin berkurang. Hal inilah yang menyebabkan tubuh kekurangan glucosamine hingga akhirnya mengakibatkan terjadinya gangguan sendi (Osteoarthritis atau radang sendi).

Namun Anda tak perlu khawatir, dengan produk suplemen Glucosamine, Chondroitin & MSM dari Ultimate Nutrition dapat menambah elastisitas pada sendi Anda. Tak hanya terdapat senyawa glucosamine, namun pada suplemen tersebut juga terdapat Chondrotin yang berfungsi sebagai penyusun sendi dan Methyl Sulfonyl Methane (MSM) yang merupakan sulfur alami untuk membentuk asam amino pada tubuh Anda.

Pada dasarnya, suplemen fitness hanyalah tambahan dari asupan nutrisi yang kurang di dalam tubuh Anda. Penggunaan suplemen fitness dapat mengoptimalkan gaya hidup sehat yang sudah Anda lakukan. Jadi, suplemen yang telah Anda konsumsi tidak akan menjamin Anda bisa mendapatkan manfaat yang besar, jika Anda tak mengimbanginya dengan latihan yang serius. (gie)

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes