suplemen untuk wanita

5 Suplemen untuk Wanita yang Ingin Lebih Langsing dan Ideal

Apa saja suplemen untuk wanita yang disarankan jika ingin menurunkan berat badan dengan optimal? Berikut ini ada 5 daftar suplemen yang direkomendasikan untuk Anda.

Suplemen merupakan nutrisi tambahan yang kurang atau tidak Anda dapatkan dari makanan sehari-hari.

Tak terkecuali jika Anda sebagai wanita yang ingin memangkas kadar lemak berlebih dan mendapatkan bentuk tubuh yang langsing, kencang, dan ideal.

Fungsi dari suplemen tentu saja adalah untuk mengoptimalkan hasil diet dan juga program latihan yang dimaksudkan untuk memangkas kadar lemak berlebih.

Namun, tidak sedikit kaum hawa yang bingung mengenai jenis suplemen mana yang sempurna untuk program pembakaran lemak.

Berikut ini beberapa daftar suplemen untuk wanita yang disarankan jika ingin menurunkan berat badan Anda.

1. Suplemen untuk Wanita yang Populer, Kafein

suplemen untuk wanita

Sebenarnya, banyak yang sudah tidak asing mendengar suplemen ini, termasuk fitnes mania perempuan.

Kafein adalah salah satu stimulan yang paling dicari dan populer untuk saat ini.

Jadi bila Anda ingin memangkas kadar lemak berlebih, terutama area perut, maka konsumsi kafein adalah cara jitu untuk membantu Anda.

Kafein dikenal dengan kemampuanya untuk menambah energi, fokus, kewaspadaan, hingga dapat membantu pembakaran lemak tubuh Anda.

Telah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa dengan konsumsi kafein bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Hal ini berarti apabila Anda mengonsumsinya sebelum latihan maka akan membantu memaksimalkan pembakaran lemak tubuh Anda.

Sementara dalam Journal of Applied Physiology tahun 2014 lalu, dikatakan bahwa konsumsi kafein dapat menambah power Anda.

Hasilnya adalah energi yang semakin bertambah akan membuat performa latihan Anda jadi semakin maksimal.

Suplementasi kafein juga bisa membantu menunda kelelahan ketika Anda berolahraga.

Pastinya, kafein adalah salah satu suplemen untuk wanita yang akan BANTU turunkan berat badan karena sangat mendukung program pembakaran lemak Anda.

Hal ini juga yang ada dalam Ultra Ripped Fast Acting Formula dari Ultimate Nutrition. Yang mana, suplemen ini mengandung kafein yang bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh, menambah energi, dan meningkatkan pembakaran lemak tubuh. Jadi sangat pas untuk Anda para perempuan yang ingin memangkas kadar lemak berlebih.

Tapi yang perlu DIHINDARI dari penggunaan suplemen yang mengandung kafein adalah, sangat tidak disarankan bagi wanita yang sedang hamil ataupun menyusui.

Selain itu, kafein juga sangat tidak dianjurkan apabila wanita memiliki riwayat penyakit seperti jantung, darah tinggi, atau maagh.

2. Suplemen untuk Wanita yang Aman, L-Carnitine

suplemen untuk wanita

L-Carnitine adalah molekul seperti vitamin yang memberikan berbagai manfaat dalam tubuh.

Yang paling utama dari suplemen ini adalah perannya untuk membantu menurunkan berat badan. Mengapa demikian? Karena salah satu fungsi terbaiknya yaitu merangsang pemecahan lemak.

Dalam proses pembakaran lemak, L-Carnitine memiliki peranan yang sangat vital.

Yakni ketika proses pengangkutan asam lemak bebas dari sitosol (bagian dalam sel) ke mitokondria dimana asam lemak dibakar menghasilkan energi (ATP) dan panas.

L-Carnitine yang paling banyak ditemukan dalam jaringan otot sehingga orang sehat cenderung memiliki cukup L-Carnitine.

Carnitine juga merupakan pembangkit yang menghasilkan energi pada sel yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan optimal. Energi tersebut berasal dari lemak yang dibakar di dalam mitokondria.

Disinilah peran suplemen ini. Mitokondria membutuhkan oksigen untuk membakar lemak dan carnitine berfungsi untuk menyuplai pasokan oksigen yang cukup ke jaringan otot Anda.

Namun lagi-lagi, kebanyakan para wanita yang masih ragu untuk konsumsi suplemen (apapun suplemen tersebut), pasti akan selalu mempertimbangkan pertanyaan “apakah suplemen ini aman digunakan?”

Jawabannya adalah AMAN. Mengapa?

Dalam Journal Nature Medicine dikatakan, usus mengandung mikrobiota yang bisa mengonversi carnitine menjadi rimetilamina-N-oksida (TMAO), senyawa organik yang dapat menyebabkan aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah.

Senyawa tersebut sering dihubungkan dengan sejumlah masalah kesehatan seperti penyakit kardiovaskuler, gagal ginjal, diabetes, bahkan hingga kanker.

Akan tetapi, penelitian dalam jurnal tersebut masih sangat lemah. Pertama, peneliti memberikan pernyataan setelah melakukan pengamatan HANYA pada 6 orang, yaitu satu vegan dan lima pemakan daging.

Jumlah itu belum tidak bisa dijadikan ukuran untuk men-generalisasi hasil pengamatan tersebut.

Belum lagi fakta bahwa pemakan daging tersebut tidak diketahui tingkat kesehatannya sebelumnya. Seperti apa mereka menjaga pola makan, mereka berolahraga dengan baik atau tidak, juga tidak disebutkan.

Mudahnya, penelitian tersebut masih terlalu lemah andai dijadikan sebagai acuan.

3. Suplemen untuk Wanita yang Banyak Digunakan, Whey Protein

suplemen untuk wanita

Suplemen ini sebelumnya memang dikenal untuk membangun massa otot sehingga beberapa wanita masih enggan untuk mengonsumsi whey protein.

Beberapa diantaranya enggan konsumsi whey protein karena tidak ingin tubuhnya terlihat lebih kekar dan berotot al

Namun seiring dengan banyaknya pemberitahuan baik itu dari sejumlah artikel, penelitian, maupun informasi dari praktisi fitnes, bahwa whey protein juga sangat baik untuk membantu proses menurunkan berat badan.

Whey protein bisa membantu menekan nafsu makan sehingga membuat kenyang lebih lama. Tentu ini sangat baik bagi Anda yang ingin memangkas lemak berlebih.

Suplemen ini terdiri dari beberapa senyawa atau molekul kecil yang memberikan efek kuat dalam tubuh Anda. Glycomacro Protein (GMP) adalah salah satu yang berperan penting dalam menekan nafsu makan Anda.

Dalam Journal of Science mengatakan hal ini karena hubungan antara leusin, mTOR (yang berperan memulai sintesis protein), dan hipotalamus (pusat kendali nafsu makan di otak).

Pada saat konsumsi whey protein, leusin berperan sebagai sinyal ‘tersedianya bahan bakar’ untuk mTOR. Akibatnya, mTOR mengirim sinyal ke hipotalamus untuk mengatur nafsu makan sehingga membantu Anda merasa tetap kenyang.

Itulah sebabnya mengapa whey protein merupakan salah satu suplemen untuk wanita yang disarankan jika ingin miliki tubuh langsing, kencang, dan ideal.

Dan pastinya, manfaat utama yang sudah diketahui oleh umum untuk whey protein adalah sebagai makanan untuk otot. Hasilnya, semakin banyak massa otot maka semakin tinggi pembakaran lemak.

Pun demikian, proses pemulihan otot menjadi lebih cepat sehingga bisa meningkatkan performa latihan dari masa ke masa.

4. Menunda Kelelahan dengan Beta Alanine

suplemen untuk wanita

Ketika Anda ingin menurunkan berat badan, apalagi yang harus dilakukan selain diet (mengatur pola makan)?

Tentu saja adalah dengan latihan atau berolahraga.

Latihan adalah kunci utama berikutnya selain diet jika ingin turunkan berat badan. Karena proses pembakaran lemak terjadi pada saat ini.

Namun terkadang, performa kerap menurun seiring dengan bertambahnya intensitas maupun volume latihan. Hal ini disebabkan oleh pasokan energi yang cenderung menurun.

Suplemen untuk Wanita berikutnya yang disarankan adalah beta alanine.

Suplemen ini bermanfaat untuk membantu membentuk senyawa karnosin dalam otot, yang mana senyawa ini akan menjaga kadar asam laktat dalam tubuh Anda.

Beta alanine memberikan efek yang menakjubkan segera setelah digabungkan bersama dengan beberapa asam amino lain seperti histidin, dan jika keduanya disatukan akan membentuk carnosine.

Carnosine ini akan jadi benteng intraselular yang sangat kuat, yang berarti akan membantu menjaga tingkat pH otot Anda seimbang dengan cara mencegah otot Anda menjadi terlalu asam ketika berlatih atau berolahraga. Ketika tingkat pH Anda turun di bawah level optimal, Anda akan segera kehilangan power dan stamina ketika berlatih.

Dan pastinya Anda dapat melakukan latihan lebih lama dan pembakaran kalori menjadi lebih banyak.

5. Conjugated Linoleic Acid (CLA)

suplemen untuk wanita

CLA disebut dapat membantu mengurangi lemak tubuh. Mengapa demikian? Ada dua teori yang mendasarinya.

  1. Karena dapat mengurangi penyerapan lipid dalam adiposit (sel lemak) dengan menghambat enzim tertentu yang disebut lipoprotein lipase.
  2. Mekanisme kedua adalah manfaat dari CLA dalam mengurangi penumpukan triasilgliserol dalam sel lemak. Triasilgliserol ini adalah lipid darah yang memungkinkan transfer lemak dan glukosa dari hati.

Studi lain juga menyebutkan bahwa konsumsi CLA dapat meningkatkan energi yang dikeluarkan sehingga pembakaran lemak juga akan lebih besar.

Dengan demikian, ini menunjukkan bahwa CLA tidak hanya dapat membantu mengurangi lemak dalam tubuh, tapi juga dapat memangkas timbunan lemak berlebih dalam otot Anda.

Meskipun kelima suplemen untuk wanita di atas dikatakan bisa bantu program diet Anda, namun bukan berarti suplemen tersebut bisa menggantikan nutrisi dari makanan (real food).

Nutrisi dari makanan adalah suplemen yang sempurna untuk Anda konsumsi. Namun jika kurang atau tidak mencukupi, maka sangat disarankan untuk mengonsumsi suplemen tersebut.

Jadi, pastikan suplemen untuk wanita di atas Anda jadikan sebagai teman sehingga program penurunan berat badan yang Anda lakukan berjalan dengan maksimal.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes