ALA, Optimalkan Hasil Latihan hingga Cegah Risiko Penyakit

Saat Anda mendengar istilah radikal bebas bisa jadi yang muncul di pikiran Anda adalah polusi yang merusak tubuh dan mengonsumsi vitamin c untuk mengurangi dampaknya. Padahal sesungguhnya tidak sesederhana itu..

manfaat-suplemen-ala

Radikal bebas adalah sekelompok bahan kimia baik berupa atom atau molekul yang memiliki elektron tidak berpasangan pada lapisan luarnya. Radikal bebas memiliki sifat yang reaktif sehingga dapat bereaksi dengan berbagai molekul lain seperti protein, lemak, karbohidrat, dan DNA.

Nah, karena tidak memiliki pasangan, ketika radikal bebas masuk ke dalam tubuh, molekul radikal bebas ini akan mencari pasangan elektron lain dengan mengambilnya dari sel tubuh sehingga membentuk reaksi berantai dan menghasilkan radikal bebas baru. Proses inilah yang akhirnya dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada sel dan jaringan.

Tidak hanya itu, proses ini juga dapat mengakibatkan kondisi yang lebih serius seperti penuaan dini, kolesterol tinggi, penyakit degeneratif hingga kanker.

Untungnya, ada pertolongan yang dapat kita andalkan dari serangan radikal bebas. Radikal bebas memiliki musuh yang dikenal sebagai antioksidan. Antioksidan melawan dengan cara menyumbangkan elektron kepada radikal bebas, menetralkan mereka dan menghentikan reaksi berantai radikal bebas. Kemudian antioksidan ini akan bekerja pada sel-sel yang rusak akibat serangan radikal bebas, memperbaiki, dan bahkan memulihkan sel-sel tersebut agar kesehatan Anda kembali optimal.

Seperti halnya pekerja yang membangun sebuah rumah, setiap anggota antioksidan memiliki tugas dan perannya masing-masing. Secara umum antioksidan akan menetralisir radikal bebas dengan cara memberikan elektronnya. Antioksidan sendiri tidak berubah menjadi radikal bebas ketika kehilangan elektronnya karena sifatnya lebih stabil.

Selain vitamin C dan E yang dikenal luas sebagai antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas, ada juga ALA (Alpha Lipoci Acid). ALA adalah sejenis asam lemak yang larut dalam air, sehingga dapat melakukan perjalanan ke seluruh sel-sel tubuh dan melumpuhkan radikal bebas.

Kelebihan inilah yang menjadikan ALA memiliki akses lebih mudah dalam melindungi organ-organ penting seperti paru-paru, jantung, mata, sistem saraf dan otot, terutama bagi Anda yang sering melakukan latihan intensitas tinggi.

Peneliti pun menyebut ALA sebagai antioksidan universal yang dapat bekerja secara efektif mengurangi dampak merugikan dari oksidasi radikal bebas pada tubuh.

Secara umum tubuh memproduksi ALA dalam jumlah kecil. ALA juga bisa didapatkan melalui sumber makanan seperti bayam, brokoli, tomat dan masih banyak lagi.

Kelebihan ALA

Berikut ini kelebihan Alpha Lipoic Acid dari sumber antioksidan lainnya:

  • Alpha lipoic acid membantu Vitamin C & E bekerja lebih baik
  • Alpha Lipoic Acid adalah antioksidan yang sangat handal melawan radikal bebas
  • Sangat mudah dan cepat di cerna oleh tubuh
  • Alpha lipoic acid membantu meningkatkan kadar glutathione yang akan membantu detoksifikasi
  • Membantu melindungi lensa dan retina mata anda dari de-generasi / perusakan. Dan juga membantu penderita glukoma
  • Alpha lipoic acid digunakan untuk merawat dan men-detoks liver

Siapa yang Membutuhkan ALA?

Pada dasarnya setiap orang memerlukan asupan ALA agar daya tahan tubuh mereka tetap terjaga dari serangan radikal bebas sebagai penyebab penyakit berbahaya. Namun, ada beberapa golongan yang lebih membutuhkan asupan nutrisi ini seperti:

Penderita diabetes atau kadar gula yang lebih dari normal
Penderita diabetes memiliki tingkat insulin yang rendah dalam tubuhnya. Insulin berguna untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh. ALA akan membantu mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes dan menyeimbangkan gula darah pada orang yang bukan penderita diabetes.

Kolesterol tinggi
Karena sifatnya yang larut dalam air, ALA juga memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah, terutama bagai penderita kolesterol tinggi.

Penderita katarak (tahap awal)
Umumnya penderita katarak memiliki kadar glutathione yang rendah. Glutathione merupakan antioksidan yang diproduksi tubuh untuk menjaga kesehatan penglihatan. ALA membantu meningkatkan kembali produksi Glutathione dalam tubuh.

Penderita penyakit kardiovaskular (jantung, stroke, dsb)
Bekerja dengan cara mengurangi kerusakan pada otot jantung, menurunkan kolesterol dan mencegah penyumbatan pembuluh darah.

Olahragawan
Olahraga dan latihan akan membuat kebutuhan nutrisi tubuh meningkat. Jika tidak dipenuhi, maka tubuh akan stres, kekurangan nutrisi dan mengalami penurunan daya tahan. Jika kondisi ini berlangsung, maka potensi radikal bebas untuk menyerang tubuh akan semakin besar. Asupan ALA dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang, mencegah kelelahan, mempercepat pemulihan dan meningkatkan daya tahan tubuh setelah latihan atau olahraga.

Efek Samping

ALA adalah suplemen yang aman digunakan selama digunakan sesuai aturan. Penderita diabetes mungkin perlu menyesuaikan asupan insulin dan obat-obatan sebelum melengkapi dengan ALA, dan harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan suplemen ini. (dan)

BACA JUGA : Tubuh Langsing Bebas Sakit Jantung dengan Kombinasi Suplemen Terbaik

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes