manfaat protein

Apa Manfaat Protein Bagi Tubuh dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Manfaat protein bagi tubuh Anda sangatlah besar. Itulah sebabnya mengapa banyak fitnes mania yang mengonsumsi suplemen protein saat pertama kali fitnes.

Berbicara tentang dunia fitnes, maka bukan lagi awam jika membahas tentang suplemen protein.

Baik mereka yang pemula hingga sudah expert di bidang ini, pasti mereka tidak akan melewatkan suplementasi protein. Karena memang benar, suplemen ini sangat membantu apapun program para pecinta fitnes.

Protein sendiri adalah makanan utama bagi otot, sehingga ketika asupan nutrisi untuk otot (protein) terpenuhi maka perkembangan otot akan menjadi lebih optimal.

Ada banyak sekali sumber protein yang bisa Anda temukan. Dari makanan sehari-hari yang merupakan sumber protein antara lain daging, daging ayam, ikan, telur, hingga kacang-kacangan.

Makanan-makanan tersebut sangatlah baik untuk perkembangan goal Anda sebagai pecinta fitnes.

Manfaat Protein untuk Kesehatan Tubuh Secara Keseluruhan

manfaat protein

Sebelum membahas lebih dalam bagaimana peran protein dalam perkembangan otot Anda, ada baiknya mengetahui apa saja manfaat dari protein selain untuk pertumbuhan otot.

Protein dibentuk oleh dua jenis asam amino, yaitu asam amino esensial dan asam amino non esensial. Asam amino esensial adalah jenis asam amino yang tidak dapat disintesis dalam tubuh sehingga sering harus ditambahkan dalam bentuk makanan. Beberapa jenis dari asam amino ini antara lain isoleusin, leusin, valin, lisin, metionin, triptofan, treonin, dan fenilalanin.

Sementara asam amino non esensial adalah asam amino yang dapat diproduksi dalam tubuh. Asam amino ini antara lain tirosin, sistein, prolin, glutaminm, dan beberapa lainnya.

Karena merupakan makronutrisi, maka protein merupakan salah satu sumber energi yang dibutuhkan manusia. Tanpa asupan protein yang cukup, maka kemampuan Anda untuk beraktivitas sehari-hari akan menjadi tidak maksimal.

Apa saja manfaat protein untuk tubuh?

Banyak. Antara lain membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membuat hormon pengirim sinyal untuk koordinasi kegiatan tubuh, meningkatkan kekuatan rambut (mencegah rambut rontok) dan kuku, serta diperlukan untuk pembentukan tulang, tulang rawan, kulit, dan darah.

Manfaat Protein dalam Tubuh Kaitannya dengan Pertumbuhan Otot

manfaat protein

Pada saat Anda mulai berlatih angkat beban, mungkin Anda akan mendengar bahwa protein dan asam amino akan sangat membantu perkembangan otot.

Protein dan asam amino ini sering disebut sebagai ‘blok pembentuk otot’. Artinya, kedua nutrisi tersebut berperan langsung pada otot Anda.

Yang perlu diketahui adalah metafora ‘blog pembentuk otot’ sebenarnya hanya sebuah cerita dari mulut ke mulut.

Salah satu peran mendasar dari protein maupun asam amino adalah ‘hanya’ memberikan sinyal biologis dan ini sangat penting bagi otot untuk pulih dan berkembang. Terlebih ketika dikonsumsi setelah angkat beban (latihan) yang intens.

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang manfaat protein bagi tubuh Anda agar perkembangan otot lebih maksimal.

Membuat Tubuh Dalam Keadaan Anabolik

manfaat protein

Selama sehari setelah berlatih dengan intens di gym, tubuh Anda akan mengalami fluktuasi pada dua proses, yakni sintesis protein otot atau anabolisme (anabolik), dan pemecahan otot atau katabolisme (katabolik).

Kedua proses ini akan biasa Anda alami. Jadi jangan terlalu takut meskipun tubuh Anda mengalami proses pemecahan otot.

Walaupun kunci utama untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan massa otot adalah dengan memastikan bahwa tubuh Anda dalam keadaan anabolik, ketimbang tubuh dalam keadaan katabolik.

Keadaan seperti ini biasa disebut dengan net protein balance atau net protein synthesis.

Untuk itulah Anda direkomendasikan mengonsumsi suplemen protein dan asam amino (komponen penyusun protein). Ketika Anda mengonsumsi protein, ada periode singkat dan kuat yang dikenal dengan hyperaminoacidemia. Periode ini adalah merangsang jumlah sintesis protein dan anabolisme yang lebih besar dari jumlah biasanya.

Kondisi ini akan sangat menguntungkan apabila Anda mengonsumsi suplemen protein pada saat sebelum dan segera setelah latihan.

Jadi apa inti manfaat protein bagi tubuh Anda pada proses di atas?

Sudah banyak penelitian yang membuktikannya. Komponen paling penting dalam protein yang sangat berguna untuk tubuh Anda adalah asam amino leusin.

Asam Amino Leusin adalah Kunci Utamanya

manfaat protein

Leusin merupakan asam amino yang paling umum dijumpai pada protein. Ini mutlak diperlukan bagi Anda yang menginginkan pembentukan otot dengan maksimal.

Leusin adalah satu dari tiga branched-chain amino acids (BCAA). Dalam BCAA terdiri dari tiga asam amino yaitu leusin, isoleusin, dan valin. Leusin bertindak sebagai molekul yang memberi sinyal untuk merangsang pertumbuhan otot. Yang paling utama adalah mengaktifkan proses anabolik yang kuat yang juga dikenal dengan mTOR.

Leusin yang banyak terkandung dalam whey protein adalah salah satu faktor untuk mendorong hiperinsulinemia dan mendukung insulin dalam darah. Kondisi tersebut akan mendorong tingkat anabolisme dalam tubuh lebih tinggi ketimbang proses katabolisme.

Keseimbangan yang baik antara anabolisme dan katabolisme ini selanjutnya akan membantu perkembangan otot jadi lebih maksimal.

Seperti hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition & Metabolism tahun 2012, dikatakan bahwa kandungan leusin pada protein tertentu sangat menentukan respons sintensis protein yang akan dialami tubuh Anda.

Jadi, suplemen protein apa yang mengandung kadar leusin paling tinggi? Whey protein. Itulah sebabnya kenapa whey protein seperti Ultramax Protein with Creatine, tetap menjadi pilihan utama asupan nutrisi setelah latihan.

Apabila Anda menginginkan manfaat protein bagi tubuh secara maksimal, mengonsumsi whey protein adalah cara terbaiknya.

Tapi bagaimana pada saat kita istirahat? Padahal kita istirahat dalam waktu yang cukup lama dan tanpa asupan protein?

Cara paling jitu untuk mendapatkan manfaat protein secara maksimal adalah dengan mengonsumsi kasein.

Banyak fitnes mania atau atlet profesional selalu menambahkan kasein ketika mereka hendak pergi tidur.

Protein kasein sensitif terhadap pH, yang artinya akan mampu menjaga tingkat keasaman pada perut Anda. Kemampuan protein kasein adalah membentuk gel di dalam perut guna memperlambat laju pencernaan protein yang utuh.

Dampak baiknya adalah pelepasan amino dalam tubuh Anda akan berjalan terus dan berkelanjutan ke dalam aliran darah ketika Anda dalam keadaan istirahat. Bilapun Anda sedang istirahat, maka asupan protein dalam tubuh tetap akan terjaga dan membuat tubuh selalu dalam keadaan anabolik.

Jadi demikian, kombinasi sempurna dalam menggunakan suplemen protein adalah whey protein pada saat siang hari, sementara kasein dikonsumsi pada malam hari. Kombinasi keduanya sangat ampuh bagi Anda untuk mendapatkan manfaat protein bagi tubuh secara maksimal.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes