cara memilih suplemen yang tepat sesuai kebutuhan

Bekali Diri dengan Pengetahuan Sebelum Beli Suplemen

Pengetahuan Anda tentang suplemen turut menentukan apakah suplemen yang Anda gunakan benar-benar sesuai dengan kebutuhan atau malah tidak berguna sama sekali karena Anda salah memilih suplemen untuk tujuan Anda.

cara memilih suplemen yang tepat sesuai kebutuhan

Sebuah studi di Washington State University memberikan gambaran lebih jelas tentang berbagai suplemen yang banyak beredar di pasaran berikut manfaatnya bagi keseahatan. Panduan ini berguna sebagai petunjuk bagi Anda yang ingin mengonsumsi suplemen untuk berbagai tujuan. Berikut diantaranya:

L-Carnitine

L-Carnitine dikenal sebagai suplemen pembakar lemak. Biasanya digunakan untuk membantu menurunkan berat badan bagi mereka yang mengalami overweight. Secara umum tubuh bisa memproduksi sejumlah l-carnitine, tetapi dalam jumlah kecil. Produksi L-Carnitine dalam tubuh memerlukan asam amino lisin dan metioni serta beberapa vitamin seperti niasin, B6, dan vitamin C.

Fungsi utama dari carnitine di dalam tubuh adalah untuk mengatur oksidasi lemak (membakar lemak). L-Carnitine bertanggung jawab mengangkut lemak ke tungku pembakaran lemak dalam sel tubuh, yang disebut dengan mitokondria. Lemak tidak akan bisa dioksidasi jika lemak tidak dapat mencapai mitokondria, sekeras apapun Anda berolahraga ataupun melakukan diet.

Banyak penelitian telah dilakukan untuk menentukan efektivitas L-Carnitine untuk membakar lemak. Hasilnya, berbagai studi menemukan bahwa bila digunakan dengan tepat, diimbangi dengan diet seimbang (cukup protein, lemak esensial, dan serat), maka L-Carnitine akan benar-benar efektif untuk membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan.

Alpha Lipoic Acid

Alpha Lipoic Acid atau ALA adalah antioksidan alami yang diproduksi oleh tubuh dan dari makanan yang kita konsumsi. Sama seperti L-Carnititne, ALA juga diproduksi tubuh dalam jumlah yang tidak terlalu besar. Bertambahnya usia, minim asupan protein dan penyakit diabetes menjadi penyebab turunnya produksi ALA dalam tubuh.

Kolesterol tinggi, hipertensi, dan diabetes merupakan kondisi di mana tubuh membutuhkan asupan ALA dalam jumlah yang lebih besar. ALA bisa kita dapatkan melalui makanan sehari-hari. Namun menurut para ahli, ALA dalam makanan ini hanya ditemukan dalam jumlah kecil, sehingga dalam kondisi tertentu suplementasi ALA sangat dibutuhkan.

Manfaat mengonsumsi suplemen ALA antara lain;

  • Membantu mengatasi kelelahan dengan meningkatkan produksi energi.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit.
  • Menjaga fungsi otak pada orang dewasa, mencegah penuaan, dan juga dapat meningkatkan daya ingat.
  • Sering digunakan dalam pengobatan medis kasus penyakit hati untuk membantu melindungi sel hati dan membantu proses pengeluaran racun dari tubuh.
  • Membantu mencegah kematian mendadak dari kerusakan saraf dan jantung pada penderita diabetes.
  • Suplemen ALA juga sering digunakan dalam terapi pasien dengan HIV dan penyakit infeksi lainnya untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin C

Ini adalah suplemen paling populer dan paling akrab di masyarakat kita. Bisa dibilang suplemen vitamin C adalah suplemen yang mudah didapatkan semudah Anda membeli permen. Memang beberapa ahli masih meragukan keampuhan vitamin C mengalahkan flu, tetapi tidak sedikit bukti yang menunjukkan bahwa mereka yang terkena flu bisa sembuh dalam hitungan hari ketika mengonsumsi suplemen vitamin C.

Studi di University of Alabama melaporkan bahwa vitamin C membantu menghentikan produksi hormon stres sehingga membuat tubuh lebih tenang. Vitamin C adalah antioksidan yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga Anda harus mendapatkannya dari asupan makanan atau suplemen.

Menelusuri fungsi vitamin C bagi kesehatan tubuh seakan tidak ada habisnya. Vitamin C dalam tubuh diperlukan untuk sintesis kolagen, komponen struktural penting dari pembuluh darah, tendon, ligamen, dan tulang. Vitamin C juga berperan penting dalam sintesis neurotransmitter, norepinefrin.

Neurotransmiter sangat penting untuk fungsi otak dan diketahui mempengaruhi suasana hati. Selain itu, vitamin C diperlukan untuk sintesis carnitine, sebuah molekul kecil yang sangat penting untuk transportasi lemak untuk konversi menjadi energi.

Fungsi Vitamin C selanjutnya adalah, membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu, yang mungkin memiliki implikasi untuk tingkat kolesterol darah dan timbulnya batu empedu. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang sangat efektif untuk melawan radikal bebas. Bahkan dalam jumlah kecil, vitamin C dapat melindungi molekul penting, seperti protein, lipid (lemak), karbohidrat, dan asam nukleat (DNA dan RNA) dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas, racun, ataupun polusi.

Saw Palmetto

Penelitian menunjukkan bahwa 1 dari 10 pria di dunia mengalami masalah disfungsi ereksi. Ini adalah masalah seksual yang lumrah terjadi pada pria. Untungnya, ada banyak pendekatan untuk menangani masalah ini, khususnya untuk dengan cara-cara yang lebih alami.

Ada beberapa zat dalam tanaman dan bahan herbal alami yang diyakini bermanfaat dalam menjaga kesehatan prostat dan dapat membantu ereksi lebih kuat. Salah satu contohnya adalah Saw Palmetto, di mana penelitian klinis telah membuktikan peran pentingnya bagi kesehatan kelenjar prostat.

Saw Palmetto atau Serenoa Repens adalah sejenis pohon kelapa berbentuk kipas kecil yang tumbuh liar yang berasal dari Amerika Utara. Tanaman ini sudah dikenal selama sekitar 700 tahun dan bijinya yang berwarna biru kehitaman digunakan sebagai obat selama bertahun-tahun untuk membantu menyembuhkan gangguan sistem reproduksi baik pria maupun wanita.

Saw Palmetto diuji dan digunakan secara luas di Eropa dan dikenal sebagai “Sabal”. Banyak juga digunakan oleh para ahli kesehatan profesional di Italia, Jerman dan Perancis untuk mengobati dan mencegah pertumbuhan kanker prostat. Saat ini, ekstrak Saw Palmetto bahkan sudah menduduki peringkat kelima di antara berbagai bahan herbal untuk penyembuhan di Amerika Serikat.

Sifat afrodisiak yang dimiliki saw palmetto dapat meningkatkan fungsi seksual dan libido. Selain itu, saw palmetto juga bertanggung jawab menjaga keseimbangan hormon dalam kelenjar prostat dan seluruh tubuh, yang sangat penting untuk fungsi seksual yang optimal. Saw Palmetto yang diambil dari buah pohonnya, dikenal dapat membantu merawat kondisi sistem genital dan saluran kemih pria, mulai dari disfungsi ereksi hingga berkurangnya mobilitas sperma.

Nitric Oxide

Fitnessmania pasti akrab dengan suplemen yang satu ini. Nitric Oxide atau sering dikenal juga dengan sebutan NO ini penting dalam melindungi organ seperti hati dari kerusakan iskemik. NO adalah gas yang dihasilkan dalam tubuh dan digunakan oleh tubuh untuk berkomunikasi dengan sel lain dalam tubuh.

Untuk menghasilkan gas ini, enzim dalam tubuh memecah asam amino Arginine. Produksi NO terjadi ketika asam amino L-Arginine diubah menjadi L-Citruline melalui kelompok enzim yang dikenal sebagai Nitric Oxide Synthase (NOS).

NO dapat membantu meningkatkan aliran darah dan membuat otot Anda terlihat lebih jelas (pumping) dari sebelumnya. Otot yang nge-pump merupakan hasil dari peningkatan aliran darah menuju otot yang dilatih. Tentunya hal ini akan memotivasi Anda agar makin giat berlatih.

Dengan berbekal pengetahuan tentang jenis-jenis suplemen dan fungsinya bagi tubuh Anda, diharapkan Anda bisa memilih dengan tepat jenis suplemen yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan Anda. (dan)

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes